Mengetahui kalau diri memang baik dan
benar atau suci, mengetahui kalau orang lain memang baik dan benar atau
suci tsb berbeda dgn merasa diri baik dan benar atau suci dan menganggap
orang lain benar dan baik atau suci. Mengetahui gunakan pengetahuan
sedangkan merasa hanya gunakan perasaan. Binatang pun punya perasaan yg
serupa seperti manusia dikenal dgn istilah naluri
manusiapun demikian. Menuding orang merasa baik dan benar atau suci
adalah bentuk penghinaan atas kemanusiaan dan sifat busuk karena itu
bentuk merendahkan dan melecehkan orang lain yg dibenci dan tidak mau
menerima kebenaran dari orang lain yg justru
DIRI SENDIRILAH YG SOMBONG, ANGKUH DAN MERASA BENAR ATAU BAIK SERTA SUCI. BILA TUDUHAN TERHADAP ORANG TSB TIDAK DAPAT DIBUKTIKAN TERKECUALI BILA MENUDUH ORANG YG SOK SUCI KARENA MERASA BENAR DAN BAIK TSB DAPAT DIBUKTIKAN KETIDAK SESUAIAN PENGAKUANNYA DGN SEBAB ORANG TSB LAKUKAN KEJAHATAN, KEBURUKAN DAN SEGALA HAL YG BERTENTANGAN DGN MORAL KEMANUSIAAN MAKA ITU BISA DIBENARKAN DAN BISA DIANGGAP SUAPA UPAYA LICIK DAN PICIK UTK PENCITRAAN DIRI AGAR DIANGGAP BENAR, BAIK DAN SUCI. NAMUN BILA TIDAK MAKA BAHAYANYA ADALAH ALLOH AKAN MENGUNCI MATI ORANG YG MENUDUH DGN CARA TERTUTUPNYA AKAL DAN PERASAAN ORANG TSB DARI SEGALA KEBENARAN DAN KEBAIKAN SERTA KESUCIAN KARENA TUDINGAN MENGANGGAP ORANG MERASA SUCI DAN BENAR ATAU BAIK TANPA BUKTI ADALAH UNGKAPAN KEBENCIAN DAN PENOLAKAN ORANG TSB TERHADAP KEBAIKAN DAN KEBENARAN SERTA KESUCIAN AKIBAT TIDAK SESUAI KEINGINAN DIRINYA. Hati2lah sebelum akibat buruk menjadi bencana.!
Urusan perasaan antara manusia kedengan binatang sedikitpun tak ada bedanya. Merasa takut, merasa baik, butuh, terancam, senang, aman, menyayangi, memiliki, menguasai, mempertahankan, melindungi, marah, lapar dan kenyang, haus dan sakit dllnya. bukan monopoli manusia sbb BINATANGPUN MEMILIKINYA SAMA PERSIS DGN MANUSIA. Akan tetapi kemampuan utk mengetahui kebenaran, baik dan buruknya suatu yg dirasakan dan tepat tidaknya alasan yg dirasa ITU MEMBUTUHKAN KECERDASAN AKAL FIKIR AGAR SESUAI AKAL BUDI. KARENA MANUSIA ADALAH MAKHLUK YG BERBUDAYA TIDAK SEPERTI BINATANG YG TAK MEMILIKI KECERDASAN AKAL. KEMAMPUAN BINATANG MENIRUKAN BERBAGAI AKTIVITAS MANUSIA BUKAN BERARTI BINATANG TSB MEMILIKI KECERDASAN AKAL FIKIRAN SBGMN MANUSIA MELAINKAN HANYA KEBIASAAN DAN PEMBIASAAN NALURINYA MELAKUKAN HAL TSB SBB KECERDASAN AKAL FIKIR YG MEMBENTUK KEMAMPUAN AKAL BUDI BUKAN UKURAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ATAU MENIRUKAN SESUATU YG MENJADI KEBIASAAN AKAN TETAPA MENGERTI APA YG DILAKUKAN DIRI SENDIRI DAN JUGA MENGERTI APA YG DILAKUKAN ORANG LAIN AKAN SEGALA HAL YG SIFATNYA KEBAIKAN ATAU KEBURUKAN SERTA KESESUAIAN ATAUPUN TIDAKNYA SUATU TINDAKAN DAN PERBUATAN.
Bayangkan dgn prilaku manusia bisa kalah dgn binatang yg tak memiliki kecerdasan. Manusia merusak lingkungan tempat hidupnya, manusia mengancam keselamatan dirinya, lingkungannya dan binatang, manusia menghancurkan dirinya bahkan tempat tinggalnya maupun orang lain, manusia merusak keberlangsungan hidup dan pangannya maupun manusia lainnya. Pertanyaannya, apakah itu akibat dari manusia yg diberi akal.? Terkadang ada asumsi kerusakan dan kejahatan tsb akibat akal manusia.? Maka munculah mazhab yg mengharamkan akal karena dgn akal ulah manusia menjadi lebih buruk ketimban binatang. Benarkah.?!!..
DIRI SENDIRILAH YG SOMBONG, ANGKUH DAN MERASA BENAR ATAU BAIK SERTA SUCI. BILA TUDUHAN TERHADAP ORANG TSB TIDAK DAPAT DIBUKTIKAN TERKECUALI BILA MENUDUH ORANG YG SOK SUCI KARENA MERASA BENAR DAN BAIK TSB DAPAT DIBUKTIKAN KETIDAK SESUAIAN PENGAKUANNYA DGN SEBAB ORANG TSB LAKUKAN KEJAHATAN, KEBURUKAN DAN SEGALA HAL YG BERTENTANGAN DGN MORAL KEMANUSIAAN MAKA ITU BISA DIBENARKAN DAN BISA DIANGGAP SUAPA UPAYA LICIK DAN PICIK UTK PENCITRAAN DIRI AGAR DIANGGAP BENAR, BAIK DAN SUCI. NAMUN BILA TIDAK MAKA BAHAYANYA ADALAH ALLOH AKAN MENGUNCI MATI ORANG YG MENUDUH DGN CARA TERTUTUPNYA AKAL DAN PERASAAN ORANG TSB DARI SEGALA KEBENARAN DAN KEBAIKAN SERTA KESUCIAN KARENA TUDINGAN MENGANGGAP ORANG MERASA SUCI DAN BENAR ATAU BAIK TANPA BUKTI ADALAH UNGKAPAN KEBENCIAN DAN PENOLAKAN ORANG TSB TERHADAP KEBAIKAN DAN KEBENARAN SERTA KESUCIAN AKIBAT TIDAK SESUAI KEINGINAN DIRINYA. Hati2lah sebelum akibat buruk menjadi bencana.!
Urusan perasaan antara manusia kedengan binatang sedikitpun tak ada bedanya. Merasa takut, merasa baik, butuh, terancam, senang, aman, menyayangi, memiliki, menguasai, mempertahankan, melindungi, marah, lapar dan kenyang, haus dan sakit dllnya. bukan monopoli manusia sbb BINATANGPUN MEMILIKINYA SAMA PERSIS DGN MANUSIA. Akan tetapi kemampuan utk mengetahui kebenaran, baik dan buruknya suatu yg dirasakan dan tepat tidaknya alasan yg dirasa ITU MEMBUTUHKAN KECERDASAN AKAL FIKIR AGAR SESUAI AKAL BUDI. KARENA MANUSIA ADALAH MAKHLUK YG BERBUDAYA TIDAK SEPERTI BINATANG YG TAK MEMILIKI KECERDASAN AKAL. KEMAMPUAN BINATANG MENIRUKAN BERBAGAI AKTIVITAS MANUSIA BUKAN BERARTI BINATANG TSB MEMILIKI KECERDASAN AKAL FIKIRAN SBGMN MANUSIA MELAINKAN HANYA KEBIASAAN DAN PEMBIASAAN NALURINYA MELAKUKAN HAL TSB SBB KECERDASAN AKAL FIKIR YG MEMBENTUK KEMAMPUAN AKAL BUDI BUKAN UKURAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ATAU MENIRUKAN SESUATU YG MENJADI KEBIASAAN AKAN TETAPA MENGERTI APA YG DILAKUKAN DIRI SENDIRI DAN JUGA MENGERTI APA YG DILAKUKAN ORANG LAIN AKAN SEGALA HAL YG SIFATNYA KEBAIKAN ATAU KEBURUKAN SERTA KESESUAIAN ATAUPUN TIDAKNYA SUATU TINDAKAN DAN PERBUATAN.
Bayangkan dgn prilaku manusia bisa kalah dgn binatang yg tak memiliki kecerdasan. Manusia merusak lingkungan tempat hidupnya, manusia mengancam keselamatan dirinya, lingkungannya dan binatang, manusia menghancurkan dirinya bahkan tempat tinggalnya maupun orang lain, manusia merusak keberlangsungan hidup dan pangannya maupun manusia lainnya. Pertanyaannya, apakah itu akibat dari manusia yg diberi akal.? Terkadang ada asumsi kerusakan dan kejahatan tsb akibat akal manusia.? Maka munculah mazhab yg mengharamkan akal karena dgn akal ulah manusia menjadi lebih buruk ketimban binatang. Benarkah.?!!..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar