KITABULLOH atau yg dikenal umat dgn sebutan ALQURAN. Adalah buku yg
berisikan ilmu2 Alloh yg tingkat kebenarannya maha tinggi. Dan sudah
saatnya atas umat manusia mengerti apa yg dimaksud dgn ILMU ALLOH atau
ILMU TUHAN.! Tentu saja hal tsb mengenai suatu tingkat kecerdasan dan
pengetahuan yg maha luas dan sempurna serta membahas tentang segala
sesuatu disegala hal dan segala bidang serta sepanjang masa dan waktu
atau keadaan umat manusia pastinya dirangkum dalam buku yg berisikan
ilmu Tuhan tsb. Bila kita menyadari dan tahu diri akan hal yg dimaksud
dgn ILMU ALLOH ATAU ILMU TUHAN maka seharusnya kita tahu akan kemaha
luasan cakupan bahasan yg terdapat padanya dgn sbb kita terbiasa berkata
bahwasanya ILMU ALLOH atau ILMU TUHAN YG MAHA TAHU. MAHA BENAR TSB
MELIPUTI SEGALA SESUATU. Namun anehnya kebanyakan manusia justru tak
tahu diri dan tak mengerti tentang apa yg telah mereka akui dan katakan
sendiri dalam hal itu. Dan tidak sedikit mrk memaksakan pendapatnya dgn
menganggap bahwasanya ayat2 pada kitabulloh tsb adalah cerita sejarah
zaman dahulu yg terkhusus utk bangsa Arab pada saat permulaan kitab tsb
diperkenalkan dikalangan orang2 Arab dan parahnya mrk memaksakan
pendapat dgn anggapan bahwasanya ISI KITABULLOH ITU ADALAH TATA CARA
ATAU POLA HIDUP PRILAKU ORANG2 BAIK DAN JAHAT PADA MASA LALU YG
DICERITAKAN TUHAN GUNA DIJADIKAN REFERENSI SIKAP DAN PRILAKU ORANG2 YG
PERCAYA PADA ISI CERITA DIBUKU TSB GUNA MENCONTOH YG MRK ARTIKAN SBG
SUNNAHTULLOH ATAU SUNNAH ROSUL YAKNI KEBIASAAN PRILAKU DAN KEBUDAYAAN
SALAH SEORANG YG JADI IDOLA. Benarkah demikian ajaran Tuhan, dan
benarkah demikian kemampuan dan ilmu Tuhan memiliki Derajat yg identik
dgn dongeng2 yg terdapat disetiap bangsa2 dan negara YAKNI DONGENG2 YG
BERISIKAN PESAN MORAL SERTA TATA CARA DAN PRILAKU YG BAIK DAN BENAR YG
DI CONTOHKAN TOKOH PADA DONGENG TSB SPT KISAH BAWANG MERAH DAN BAWANG
PUTIH. DAYANG SUMBING. JAKA TARUB. JAKA TINGKIR. SIMALIN KUNDANG. OKI
DAN NIRMALA DAN PINOKIO SERTA CERITA2 ATAU LEGENDA.Mungkinkan gaya bahasa Tuhan yg terdapat dalam Kitabulloh samahalnya dgn
gaya bahasa seorang perempuan yg mengasuh putra putrinya yg rewel dan
bandel yakni melalui cerita2 dongeng yg dilakukan seorang perempuan tsb
dimaksudkan cerita2 tsb dapat mempengaruhi fikiran putra putrinya dgn
harapan putra putrinya tidak lagi rewel dan bandel karena dipertakuti
dan terpengaruh dgn dongeng2 atau cerita2 tsb. Sekiranya cerita2 yg
bersifat mempertakuti tsb dilakukan terhadap anak2 yg belum memiliki
kedewasaan berfikir dan mental. Boleh jadi tak masalah namun bila
seluruh manusia yg ada dimuka bumi ini diharapkan akan memperbaiki
kesalahannya atau diharapkan dapat berbuat kebaikan dgn cara
mempengaruhi fikiran dan jiwa mrk melalui cerita2 dongeng tsb maka dapat
dipastikan akan seperti apakah umat jadinya. Jangankan kisah2 tentang
NERAKA yg dijadikan alat utk mempertakuti manusia dgn harapan agar
manusia tsb tidak berprilaku buruk atau berbuat baik krn akan dapat
pahala dan masuk sorga sedangkan kenyataan sehari-hari yg dapat
dijadikan contoh akibat buruk dari suatu perbuatan jahat saja belum
tentu menyadarkan manusia agar supaya tidak melakukannya terlebih lagi
hal semacam itu. Contohnya TIDAK SEDIKIT KORBAN NARKOBA. TAWURAN.
KECELAKAAN LALIN. BANJIR. PENJARA. DIGEBUKIN MASA. Dstnya yg nyata2
menimbulkan penderitaan serta kerugian bahkan kematian tetap saja tak
mengubah kesadaran manusia utk lakukan kesalahan dan kejahatan terlebih
lagi hal semacam itu jelas saja TUHAN DAN AJARAN TUHAN AKAN DIREMEHKAN
DAN DIANGGAP SEJAJAR DGN DONGENG2 YG SAMPAI KAPANPUN TAK AKAN PERNAH
MAMPU MENIMBULKAN KESADARAN BERFIKIR DAN BERSIKAP MANUSIA TERLEBIH LAGI
BILA CERITA TSB LEBIH CENDERUNG MEMPROMOSIKAN SUATU KEBUDAYAAN BANGSA
DAN NEGARA TERTENTU SEDANGKAN TIAP2 BANGSA DAN NEGARA MASING2 TELAH
MEMILIKI BUDAYA MASING2 YG JUGA MEMILIKI TUJUAN UTK KEBAIKAN MASING2 DGN
CERITA DAN TOKOH CERITA BAHKAN BUKTI2 HYSTORIS CERITA SBG ALAT
PEMBENARAN CERITA AGAR DIYAKINI SBGMN DONGENG BATU MENANGI. Di SUMBAR.
Jumat, 11 April 2014
HADIR / ADA
." Agar tidak menimbulkan salah pengertian sbb dinegeri ini masyarakatnya kebanyakan gemar mengkritisi meski kondisi pemikirannya sedang krisis ada baiknya dijelaskan maksud dari judul persamaan dgn beberapa contoh kalimat. Saya sudah SAMPAI disana pukul 12 siang. Saya sudah DATANG disana pukul 12 siang. Saya sudah TIBA disana pukul 12 siang. Saya sudah ADA disana atau saya sudah HADIR (Bhs Arab) disana pukul 12 siang. Persamaan istilah tsb dapat diselami para perenang yg terbiasa mengarungi lautan atau samudera yg dalam agar dia mengenal segala sesuatunya dikedalaman tsb. Berkemungkinan ini tampak seperti ungkapan kegilaan karena tampak tak tentu arah cakupan bahasannya para sastrawan menolak status ini sbg status yg membahas seputar sinonim kata dan para psykiater akan menganggap status ini adalah status orang yg sedang alami gangguan jiwa karena tak jelas topik pembicaraan. Hanya orang2 yg waraslah yg mengetahui kalau dia sedang tidak dalam masalah gangguan jiwa.
" Sampai Hati. Aku terpesona dgn istilah tsb, Sampai Hati bisa mengartikan suatu sikap dan perbuatan atau perkataan yg diangga Kejam atau Kekejaman seseorang terhadap orang lain dgn kata lain TEGA.? Betapa tingginya dan betapa kuatnya serta betapa hebatnya bahasa Indonesia sehingga kalimat tsb dapat berarti suatu hal yg bersifat buruk (Konotasi) padahal kata SAMPAI dan HATI tsb tak berhubungan dgn suatu perkataan dan sikap maupun perbuatan yg buruk namun mengapa bisa disimpulkan (Persesikan/Asumsikan) menjadi suatu hal yg buruk. Demikian pula dgn istilah kata TEGA ke dengan kata TEGAS hanya karena penambahan huruf S saja kedua kata tsb menampakan perbedaan DNA sekalipun mereka berdua adalah saudara seibu dan sebapak yg terlahir dari rahim bahasa yg sama yaitu RAHIM IBU PERTIWI sedangkan dia putranya yg bernama DALBO.
Rabu, 09 April 2014
Jeroan , Daleman,ISI
Istilah kata utk mengatakan ttg sesuatu yg tak tampak
dipermukaan. Utk mengatakan bagian terdalam dari organ tubuh hewan maupun
manusia bhs Indonesia gunakan istilah JEROAN sedangkan utk mengatakan ttg suatu
hal yg jauh dari permukaan orang2 Indonesia menyebutnya dgn istilah KEDALAMAN
sedangkan utk menyebutkan ttg sesuatu letak yg tidak tampak dipermukaan disebut
DIDALAM. Adapun utk mengetahui suatu persoalan yg tak dapat dilihat dipermukaan
maka Bangsa Indonesia gunakan istilah PENDALAMAN. Adapun istilah yg digunakan
utk komunitas manusia yg hidup disuatu tempat jauh dari keramaian Kota maupun
Desa kita Bangsa Indonesia mengenalnya dgn sebutan ORANG PERDALAMAN/PERDALAMAN.
Sedangkan istilah yg digunakan utk perbandingan keadaan suatu ukuran yg terjauh
dari permukaan yg lainnya Bangsa kita selaku bangsa INDONESIA mengenalnya dgn
istilah TERDALAM,
QS.18 ayat 93. "Hingga apa bila dia sampai diantara dua
buah gunung; dia mendapatkan dìhadapan kedua bukit tsb suatu QOUM (BANGSA) yg
nyaris tidak mengerti pembicaraan meskipun gunakan LUGHOTNYA (BAHASANYA)
sendiri.
DALAM-PERDALAMAN-MENDALAMI-KEDALAMAN-MENDALAM-DIDALAM-KEDALAM-TERDALAM-SEDALAM-PENDALAMAN.
Dalam bahasa Arabnya dikenal dgn sebutan FII (DALAM) Fissamawati wal ardhi=
yang berada didalam langit dan yg ada didalam bumi.?
Istilah jero tentu jarang digunakan pada bhs Indonesia
dikeseharian pembicaraan masyarakat sekalipun masyarakat Palembang maupun Etnis
Jawa mengenal istilah kata Jero utk menyebutkan tentang sesuatu yg tampak
dipermukaan atau bagian dalam namun kata JERO pada umumnya lebih populer
disebutkan dikalangan pedagang daging dipasar-pasar sekalipun orang2 Palembang
tua gunakan kata JERO tsb biasa juga utk menunjukan ttg keberadaan sesuatu yg
tidak berada dipermukaan pandangan atau diluar dgn kata lain utk menunjukan
keberadaan sesuatu yg berada dibagian dalam sesuatu tempat."DI JERO."
Istilah kata di JERO kini nyaris tak terdengar lagi karena keberadaan orang2
tua Palembang kebanyakan lenyap dimakan usia oleh karena itu istilah JERO kini
hanya akrab ditelinga pembeli dan penjual daging hewan dipasar-pasar guna
mengatakan ttg sesuatu bagian dari hewan yg tak tampak dari luar. JEROAN AYAM.
JEROAN SAPI. JEROAN BABI spt usus, limpo, paru2, ginjal, jantung, hati,
tembolok, iga, babat, empela/rempelo dll.
Terjemah Atau Tafsir
Laa Iqroha fid Diin." bila itu diterjemahkan dgn arti
umumnya terjemahan maka itu akan berarti "TIDAK ADA PAKSAAN UTK
BERAGAMA." Dan menurut terjemahan yg ada malah ayat tsb ditambah
terjemahannya menjadi." TIDAK ADA PAKSAAN UTK MEMELUK AGAMA ISLAM."
artinya buku tsb bukan lagi buku "TERJEMAHAN MELAINKAN BUKU TAFSIR."
sekiranya ayat tsb ditafsirkan sesuai teks saja mungkin tak jadi soal sbb itu
bisa bermanfaat bg umat utk memahami namun berhubung penafsirannya sudah
bersifat memaksakan pendapat si pembuat tafsir maka ranculah jadinya. Spt
contoh sbb. Bila DIIN diartikan AGAMA (Bhs. SANSEKERTA) yg bila diterjemahkan
lg kedalam bhs Indonesianya maka kata AGAMA itu artinya adalah ATURAN dan ayat
yg berbunyi LAA IQROHA FIDDIN tsb berarti TIDAK ADA PAKSAAN UTK BERATURAN. Oleh
karena itu maka orang yg berfikiran waras akan mempertanyakan hal tsb dgn
pertanyaan sbb.
1. MUNGKINKAH KETERATURAN DAPAT TERWUJUD BILA TIDAK ADA
PENERAPAN ATURAN.
2. MUNGKINKAN PENERAPAN ATURAN DAPAT TEREALISASI BILA TIDAK
DISOSIALISASIKAN.
3. MUNGKINKAH PENERAPAN DAPAT TERLAKSANA EPEKTIF BILA TAK
DIPAKSAKAN.
4. MUNGKINKAH SUATU KEBIJAKAN ATURAN DAPAT TERPENUHI AGAR
DAPAT MEWUJUDKAN KETERATURAN SESUAI TATANAN HIDUP BILA HAL TSB DISERAHKAN
KEPADA TIAP2 PRIBADI UMAT MANUSIA GUNA MENENTUK PILIHAN DAN SELERA ATURAN YG
DISENANGI DAN SESUAI KEINGINAN MASING2 TANPA PEMAKSAAN.?
Sudah dapat dipastikan negara2 akan bubar bila tiap2 negara
tidak memiliki peraturan dan perundang undangan yg sifat penerapannya tanpa
adanya tindakan pemaksaan. BUKANKAH SANGSI PIDANA, DENDA ATAU PERDATA ATAS
SIAPAPUN YG MELAKUKAN PELANGGARAN ADALAH SUATU BENTUK PEMAKSAAN AGAR ATURAN TSB
DAPAT TERLAKSANA SESUAI HUKUM DAN PERUNDANG UNDANGAN,
Laa iqroha fid Diin. Bagaimanakah bila kata DIIN tsb
diartikan AGAMA ISLAM atau AGAMA dan juga diartikan PEMBALASAN. Dan
bagaimanakan bila suatu kata dalam bhs asing diterjemahkan dgn bhs asing pula
dan ditafsirkan.? Atau bagaimanakah bila suatu bhs diterjemahkan dgn
penerjemahan yg tak dapat dijadikan patokan ilmu bhsnya sehingga bisa diartikan
bermacam macan dan menjadi penyebab kemunculan multi tafsir.? Dan bagaimanakah
bila arti kata DIIN tsb adalah PERADABAN lalu terjemahan LAA IQROHA FIDDIIN tsb
diterjemahkan TIDAK ADA PAKSAAN UTK MENJADI ORANG2 YG BERADAB. Atau
BERPERADABAN.?
QS.77 dari judulnya saja sudah ngawur yakni AL MURSALAT
ditafsirkan dgn MALAYKAT YG DIUTUS. Padahal pada ayat 5 dan 6 nya berbunyi sbg
berikut."
DAN (MALAYKAT2) YG MENYAMPAIKAN WAHYU. UTK MENOLAK ALASAN
ATAU MEMBERI PERINGATAN.!!! apakah
KITABULLOH TSB BUKAN BERISIKAN WAHYU. DAN SIAPAKAH YG MENYAMPAIKAN AJARAN YG
TERDAPAT PADA KITABULLOH KPD UMAT MANUSIA SAAT INI.? Patut juga dipertanyakan
BILA MALAYKAT DAN SYSTEM PERWAHYUAN SBGMN APA YG DIKENAL UMAT SESUAI DGN APA YG
DIAJARKAN PARA TOKOH2 YAKNI MAKHLUK LUAR ANGKASA YG TURUN KEBUMI YG DIKENAL
BERNAMA JIBRIL DAN MENGAJARKAN ORANG ARAB DAHULU YG BERINISIAL MUHAMMAD ARTINYA
KITABULLOH SAAT INI BUKAN KITAB WAHYU?
QS.77 ayat 5 dan 6." DAN (MALAYKAT2) YG MENYAMPAIKAN
WAHYU. UTK MENOLAK ALASAN ATAU MEMBERI PERINGATAN.!!!.." APAKAH KITABULLOH
SAAT INI BUKAN WAHYUH.?!! DAN BILA WAHYU LANTAS SIAPAKAH YG MENYAMPAIKAN AJARAN
KITABULLOH TERHADAP UMAT AGAR UMAT TAK DAPAT MENGEMUKAKAN ALASAN. APAKAH
MALAYKAT ATAU MANUSIA.? Hal itulah yg jadi penyebab kesesatan persepsi sehingga
LIA EDEN DAN MIRZA GULAM DAN ADA BANYAK YG BERASUMSI SBG ROSUL. JIBRIL DAN NABI
dgn sbb mereka merasa sbg penyampai ajaran kitabulloh yang notabene adalah
wahyu Tuhan. Bila kata ALMURSALAT DIARTIKAN UTUSAN2 ATAU MALAYKAT2 YG DIMAKSUD
MAKHLUK LUAR ANGKASA ATAU ROSUL2 TERDAHULU ARTINYA PENYAMPAIAN AJARAN
KITABULLOH SUDAH TERPUTUS SAAT INI KRN TIDAK ADA LAGI ROSUL DAN JIBRIL SUDAH
PENSIUN MENYAMPAIKAN WAHYU. Pertanyaannya. Lantas siapakah yg dimaksud pada
ayat 4.5 dan 6. DAN MALAYKAT2 YG MEMBEDAKAN ANTARA YG HAK DAN YG BATHIL DGN
SEJELAS-JELASNYA. DAN MALAYKAT YG MENYAMPAIKAN WAHYU UTK MENOLAK ALASAN ATAU
MEMBERI PERINGATAN.? Tentu umat sekarang wajar bila menjadi sesat karena
mempunyai alasan utk sesat sbb umat sekarang tidak diutus seorangpun utusan
agar mendapatkan penjelasan seputar ajaran kitabulloh yg tentunya wahyu Alloh
utk diajarkan dan disampaikan pada mrk karena MALAYKAT DAN ROSUL SUDAH TIDAK
ADA LAGI DAN WAHYU SUDAH TIDAK ADA LAGI ARTINYA UMAT BERASALAN UTK MENJADI
SESAT. Lantas apakah KITABULLOH YG DIKENAL UMAT DGN SEBUTAN ALQURAN SAAT INI
BUKAN WAHYU TUHAN.? DAN BAGAIMANA KETERANGAN TENTANG ALQURAN SBG MUKJIZAT NABI
MUHAMMAD YG BERLAKU HINGGA AKHIR ZAMAN TSB.? Bila penyampainya tidak ada lg
lantas bagaimanakah umat sekarang bisa tahu dan membedakan antara hak dan
bathil sedangkan Jibril dan Rosul itu dijadikan oknum pribadi makhluk yg jadi
penyebab ada orang2 yg mengaku itu lalu ditangkap karena dituding sesat dan
bagaimanakah kelanjutannya bila bgt apakah harus diputuskan bahwasanya ajaran
islam sudah tidak perlu lg diajarkan karena pengajarnya sudah tamat sejak
dahulu.?
KARNIVORA
Kebinatangan yg akrab dalam lingkungan manusia. Binatang
masuk kategorik makhluk hidup. Karena binatang memiliki ruh, jasad dan jiwa
bedanya pada jiwa BINATANG TAK MEMILIKI DGN SEMPURNA AKAL BUDI DAN AKAL FIKIR
SELAIN DARI KEINGINAN DAN PERASAAN YG MENURUT BAHASA TRADISIONALNYA ADALAH
NALURI DAN NAFSU, Kekurang akalan para binatanglah yg menjadi penyebab seekor
ular diberi mulut yg berbisa, dan kerbau diberi tanduk serta tenaga yg kuat
serta burung diberi sayap utk terbau atau harimau diberi taring dan cakar dan
kuda diberi tenaga maupun kecepatan utk berlari menghindar. Namun binatang
hanya diberi kemampuan melihat segala sesuatunya hanya dgn warna HITAM DAN
PUTIH, Binatang banyak jenis dan kelompoknya. Dan manusia mengenal tiap2
binatang tsb dari prilaku dan kebiasaan makannya diantaranya adalah.
HERBIVORA,karnivora, Karnivora adalah binatang pemangsa yg biasa memakan daging
serta meminum darah sesama binatang. NALURI KEBINATANGAN PARA BINATANG2 TSB
DIKENAL MANUSIA DGN ISTILAH BINATANG BUAS DAN LIAR. Binatang KARNIVORA ADA YG
SIFATNYA NOKTURNO YAKNI BINATANG YG BERBURU MANGSA DIKEGELAPAN MALAM DAN ADA
JUGA YG BERAKTIVITAS BERBURUNYA DISIANG HARI. Tidak semua binatang pemangsa tsb
adalah para binatang2 yg bertubuh besar dan sifatnya menakutkan karena
kebuasannya seperti HARIMAU. SINGA. SRIGALA DAN BERUANG Namun ada juga diantara
para binatang2 buas dan pemangsa tsb adalah binatang2 yg kecil2 bahkan ada yg
tak terlihat kebuasannya krn binatang tsb wujudnya amat kecil. Predator tsb pun
memiliki komunitas sosial sesuai jenis kelompok dan golongan binatang masing2, Sesama
binatang sekalipun sejenis bila memungkinkan maka mereka akan saling
menyingkirkan dan memangsa karena memang demikian itulah naluri umumnya
karakter kebinatangan makhluk PREDATOR. Perebutan betina dan wilayah serta
pengaruh dominasi populasinya silih berganti disepanjang masa meskipun mrk juga
bisa bersosialisasi dan berinteraksi dgn sejenis dari speciesnya akan tetapi
bila species tsb bukan dari kelompok asalnya maka pada umumnya akan dikeroyok
dan diusir dari habitat koloninyag kebiasan berebut makanan dgn cara tidak
tertib dan binatang yg lebih dominanlah yg harus lebih dulu kenyang utk
menyantap hewan hasil buruan tsb adalah adat istiadat yg sudah terjadi sejak
zaman nenek moyang kebinatangan dan perbinatangan. Demikian pula bila saling
mencuri dan memperebutkan makanan hasil buruan baik sejenis maupun berlainan
jenis, Kebinatangan diciftakan Tuhan dgn tujuan utk keperluan manusia spt
keindahan warna dan corak serta kicauan burung yg merdu dapat menimbulkan
perasaan senang dihati manusia dgnnya selain dari keperluan yg lain yg terdapat
pada binatang yg menjadi penyebab manusia memelihara dan memperternakan serta
budidaya para binatang2 tsb. Bgtpula dgn Kerbau yg memiliki kekuatan tenaga
dapat membantu meringankan pekerjaan manusia guna mengolah sawah. Dan juga Kuda
yg kencang dan kuat tenaga larinya itupun berguna bagi manusia utk mencapai
tujuannya sbg kendaraan disetiap perjalanan hidupnya. Dan anjing yg juga
berguna menjadi penjaga serta melacak atau mengendus jejak2 yg tak mungkin
mampu dideteksi manusia. Demikian juga kebuasan harimau dan ketajaman pandangan
mata elang serta keramah tamahan dan sifat gotong royongnya semut. Atau lebah
yg hasilkan antup dan madu sbg obat atau bisa mulut2 ular yg mematikan syaraf
yg juga dapat digunakan utk menyembuhkan lukä2 didalam jiwa manusia yg terkena
patukan ular berbisa. Dan binatang buas maupun binatang liar lainnya yg
terdapat disekeliling kehidupan didalam jiwa manusia, Kebinatangan yg ada pada
belantara akal manusia serupa dgn keberadaan binatang yg ada dilingkungan hidup
manusia. Karena semuanya berada dialam fikiran dan alam semesta yg menjadi isi
kehidupa didunia ini. Tiap2 binatang yg ada dirimba belantara akal alam fikiran
dan kehidupan manusia berguna utk keperluan hidup manusia dgn fungsi masing2.
Dan manusialah yg menjadi kholifah guna menundukan para binatang dan
mengendalikan para binatang serta menjinakan para binatang yg ada dirimba
belantara akalnya. Namun sayang karena tenaga kehidupan jiwa manusia terkadang
suka tak berdaya utk mengendalikan peranannya sbg manusia yg mengendalikan tali
kekang kebinatangannya. Dan oleh karena itu pula maka mudah kita temukan
diantara manusia yg menjadi mangsa kebuasan dan keganasan hawa nafsu
kebinatangannya, pemangsa. HERBIVORA. Pemakan tumbuh2an Dan OMNIVORA pemakan
apa saja bahkan sumpahpun dimakan alias makan sumpah,
Akar Batang Daun
Flora atau tumbuh2an, aneka jenis tumbuh2an atau juga
tanaman yg dikenal manusia. Bicara tentang tumbuh2an atau tanaman umumnya akrab
difikiran kita tentu saja pembicaraan yg berhubungan dgn dgn TANAH, AKAR,
BATANG, DAUN dan BUAH. Episode status ini tahap awalnya sengaja dikhususkan utk
mengurai peranan keberadaan daun yg terdapat pada tiap2 tanaman atau tumbuhan, DAUN,
Adalah bagian penting pada tanaman atau tumbuhan, karena bagian tsb berfungsi
sbg dapurnya tanaman utk memproses bahan makanan yg diserap akar dari dalam
tanah. Dgn bantuan sinar Matahari maka zat hijau daun dibuat disana. Dan pada
umumnya kita mengenal warna daun adalah hijau sbg sosok daun yg masih segar
dari tanaman yg segar pula terkecuali warna dedaunan yg sudah rontok karena
penuaan usia atau karena pohonnya mati. Maka daun tsb akan berwarna coklat dan
tidak segar atau layu lg lemas. DAUN. Pohon yg hampir mati sedikit daunnya
sedangkan pohon yg mati akan tampak ada banyak dedaunannya yg kuning kecoklatan
sedangkan pohon yg tumbuh subur akan tampak rimbun hijau dedaunannya. Bergai
istilah yg biasa manusia kemukakan dgn menggunakan kata daun spt. NAIK DAUN.
dan MATANYA HIJAU bila melihat lembaran duit serta DAUN TELINGA atau DAUN
JENDELA, DAUN. Daun Telinga baik dari segi fungsi maupun keadaannya menyerupai
daun yg terdapat pada tanaman. Daun telinga yg layu dan kuning kecoklatan
sifatnya sama seperti daun tanaman yg hampir mati yg batangnya menjadi kayu.
Daun Telinga yg demikian amat mudah sekali tersulut api demikian pula kayu
pohonnya karena pohon tsb sudah mati dan mengering yg berada diatas tanah yg
juga kering gerontang. Demikianlah pola hidup tumbuhan atau tanaman yg
mayoritas diantara mrk yg senantiasa memperebutkan tempat yg basah guna
kehidupan dan penghidupannya dan amat berbeda sekali dgn pohon kaktus yg tetap
hidup sekalipun digurun yg serba tandus lg kering maka dari itu tanaman kaktus
meliki duri2 yg tajam dan tanpa daun karena antara batang dan daun para kaktus
tak dapat dibedakan mana yg batang dan daun, Keluarga besar tanaman gurun yg
tandus terkenal akan duri2 tajamnya selain dari mana yg batang maupun daunnya
tak dapat dibedakan. Mulai dari Pak Tus. Buk Tus. Nak Tus. Nek Tus. Kek Tus.
Dik Tus hingga ke Kak Tus adalah marga tanaman penghasil duri2 tajam. Tampa
daun dan buah apalagi bila mau diharapkan kembangnya atau harumnya. Namun
meskipun demikian tetaplah pohon yg tampak hina dan tumbuh diatas kekering
gerontangan karena mimimnza air KAK TUS Daun menguning kecoklatan karena kering
terkena panas dari pohon yg mati yg menjadi kayu mrk tumbuh diatas tanah
gersang yg miskin akan air, Daun menguning kecoklatan karena kering terkena
panas dari pohon yg mati yg menjadi kayu mrk tumbuh diatas tanah gersang yg
miskin akan air. Akan mudah tersulut percikan bunga2 api lalu terbakar atau
gosong karena panas dan menjadi arang. Dedaunan yg mengering saja mudah patah
karena sifatnya yg rapuh terlebih lagi dedaunan yg gosong karena terpaan panas
yg menyengat maka diapun akan menjadi arang dan lebih rapuh serta hancur dan
patah begitupula pohon2 yg sudah menjadi kayu dan mengering serta gosong akibat
panasnya sorot api kehidupan maka arang2nya akan amat teramat sangat mudah
menjadi patah sbgmn patahnya PATAH ARANG, Kayu berasal dari batang pohon yg
sudah mati, berbagai jenis dan kegunaan para kayu yg akan menjadi bahan baku
para tukang kayu utk membuat sesuatu yg sesuai kemampuan dan keterampilan para
tukang kayu. ADA KAYU JATI yakni jenis kayu yg pada umumnya digunakan sbg bahan
pembuatan furniture ukiran baik meja, kursi. Buffet maupun lemari pakaian dan
lemari hias. Dan ada juga jenis kayu2 lainnya yg dapat digunakan para tukang
kayu utk berbagai jenis baik patung manusia kayu. Wayang golek. Pedang2an kayu.
Stick bilyard. Korek api. Pagar. Jembatan. Kusen. Bangku dan Kursi Kepresidenan
maupun KURSI DIPARLEMEN TANPA TERKECUALI KURSI GOYANG UTK PARA KAKEK DAN NENEK
PIKUN AGAR MUDAH NGASO ATAU SANTAI SAMBIL TIDURAN DIATAS TEMPAT DUDUKNYA YG DIA
DUDUKI SETELAH DAPATKAN KEDUDUKANNYA YG NYAMAN MAKA TIDURLAH MRK MELEWATI
HARI2NYA. Hingga akhirnya terjatuh dari kursinya masing2 yg telah dia duduki
dgn asik, Kayu hasil dari pohon yg mati karena usia atau ditebang para
perambah. Ada kayu yg digunakan sbg bahan bakar atas orang2 miskin bin melarat
karena tak mampu membeli bahan bakar. Dan ada juga KAYU yg menjadi PUNTUNG
NERAKA yg digunakan utk membakar para penghuni neraka dan ada juga kayu yg
dijadikan sbg tiang jemuran atau tiang pancang gubuk yg pasti KAYU TIDAK AKAN
PERNAH MENJADI TIANG AGAMA TERLEBIH LAGI KAYU BERSANDAR DAN KAYU LAPUK ATAU
KAYU ARANG YG MUDAH PATAH ARANG, Akar yg tak kasat mata karena dia berada
dibawah tanah. Berbagai jenis akar yg terdapat dibawah tanah yg berasal dari
tanaman atau tumbuh2an yg berbeda. Bgt pula akar permasalahan yg tumbuh pada
setiap kejadian dan hanya mrk yg mengenal dan memahami berbagai jenis tumbuhan
atau tanaman sajalah yg mengerti dan memahami aneka jenis akar tanaman yg jadi
masalah dan negeri kita adalah negeri yg ditumbuhi beraneka jenis tanaman
negeri kita adalah negeri yg kaya akan aneka jenis Flora dan oleh karena
itupula negeri kita dibawah tanahnya ada banyak akar yg menjalar atau merambat
dibawah tanahnya terkecuali AKAR BERINGIN YG TAMPAK MENJURAI DAN MENGGELANTUNG
DIPERMUKAAN POHON DAN DIDALAM TANAH, Kayu bersandar akan roboh bila dinding
sandarannya lepas, kayu bersandar akan lapuk dimakan usia karena terpaan panas
dan guyuran hujan. Kayu bersandar akan binasa dgn sendirinya terkena guyuran
hujan dan teriknya mentari. Kayu bersandar menganggap bahwasanya setiap gelegar
halilintar ditujukan pada sandarannya. Kayu bersandar adalah musuh yg sebenar-benarnya,
Baik buruknya akar sebuah pohon dapat dilihat dari bentuk tegaknya batang pohon
dan dedaunan serta pertumbuhan pohon tsb. Beringin yg tumbuh liar dialam akan
menampakan kesan angkernya dan kebanyakan orang akan beranggapan bahwasanya
pohon tsb dihuni para dedemit namun beringin yg di Bonzai akan tampak indah
sehingga layak utk dijadikan hiasan rumah, Bila seluruh pohon dibumi dijadikan
bonzai karena bonzai indah dipandang mata dan berharga maka dari tanaman apa
lagi yg dapat digunakan manusia untuk dijadikan bahan pembuat pulp kertas. Dan
siapakah yg dapat menahan kekering serta kelabilan tanah yg jadi penyebab
longsor atau abrasi atau erosi. Dan siapa lagi yg dapat dimintakan pertanggung
jawabannya guna mencegah polusi udara dan menipis oxygen serta lapis ozon
maupun peningkatan karbondioxida di udara.? Bonzai memang indah dipandang mata
yg dapat dijadikan hiasan meja2 kantor. Namun bukan berarti setiap tanaman yg
tumbuh di nusantara ini harus dijadikan tanaman bonzai dgn alasan memperkecil
penggunaan lahan karena lahan diperuntukan membangun gedung2 peribadatan.
Perkantoran. Pabrik2 dan pasar2 swalayan serta hotel dan lapangan golf,
Langganan:
Postingan (Atom)