Jumat, 11 April 2014

Al-Qur'an Kitabullah

KITABULLOH atau yg dikenal umat dgn sebutan ALQURAN. Adalah buku yg berisikan ilmu2 Alloh yg tingkat kebenarannya maha tinggi. Dan sudah saatnya atas umat manusia mengerti apa yg dimaksud dgn ILMU ALLOH atau ILMU TUHAN.! Tentu saja hal tsb mengenai suatu tingkat kecerdasan dan pengetahuan yg maha luas dan sempurna serta membahas tentang segala sesuatu disegala hal dan segala bidang serta sepanjang masa dan waktu atau keadaan umat manusia pastinya dirangkum dalam buku yg berisikan ilmu Tuhan tsb. Bila kita menyadari dan tahu diri akan hal yg dimaksud dgn ILMU ALLOH ATAU ILMU TUHAN maka seharusnya kita tahu akan kemaha luasan cakupan bahasan yg terdapat padanya dgn sbb kita terbiasa berkata bahwasanya ILMU ALLOH atau ILMU TUHAN YG MAHA TAHU. MAHA BENAR TSB MELIPUTI SEGALA SESUATU. Namun anehnya kebanyakan manusia justru tak tahu diri dan tak mengerti tentang apa yg telah mereka akui dan katakan sendiri dalam hal itu. Dan tidak sedikit mrk memaksakan pendapatnya dgn menganggap bahwasanya ayat2 pada kitabulloh tsb adalah cerita sejarah zaman dahulu yg terkhusus utk bangsa Arab pada saat permulaan kitab tsb diperkenalkan dikalangan orang2 Arab dan parahnya mrk memaksakan pendapat dgn anggapan bahwasanya ISI KITABULLOH ITU ADALAH TATA CARA ATAU POLA HIDUP PRILAKU ORANG2 BAIK DAN JAHAT PADA MASA LALU YG DICERITAKAN TUHAN GUNA DIJADIKAN REFERENSI SIKAP DAN PRILAKU ORANG2 YG PERCAYA PADA ISI CERITA DIBUKU TSB GUNA MENCONTOH YG MRK ARTIKAN SBG SUNNAHTULLOH ATAU SUNNAH ROSUL YAKNI KEBIASAAN PRILAKU DAN KEBUDAYAAN SALAH SEORANG YG JADI IDOLA. Benarkah demikian ajaran Tuhan, dan benarkah demikian kemampuan dan ilmu Tuhan memiliki Derajat yg identik dgn dongeng2 yg terdapat disetiap bangsa2 dan negara YAKNI DONGENG2 YG BERISIKAN PESAN MORAL SERTA TATA CARA DAN PRILAKU YG BAIK DAN BENAR YG DI CONTOHKAN TOKOH PADA DONGENG TSB SPT KISAH BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH. DAYANG SUMBING. JAKA TARUB. JAKA TINGKIR. SIMALIN KUNDANG. OKI DAN NIRMALA DAN PINOKIO SERTA CERITA2 ATAU LEGENDA.Mungkinkan gaya bahasa Tuhan yg terdapat dalam Kitabulloh samahalnya dgn gaya bahasa seorang perempuan yg mengasuh putra putrinya yg rewel dan bandel yakni melalui cerita2 dongeng yg dilakukan seorang perempuan tsb dimaksudkan cerita2 tsb dapat mempengaruhi fikiran putra putrinya dgn harapan putra putrinya tidak lagi rewel dan bandel karena dipertakuti dan terpengaruh dgn dongeng2 atau cerita2 tsb. Sekiranya cerita2 yg bersifat mempertakuti tsb dilakukan terhadap anak2 yg belum memiliki kedewasaan berfikir dan mental. Boleh jadi tak masalah namun bila seluruh manusia yg ada dimuka bumi ini diharapkan akan memperbaiki kesalahannya atau diharapkan dapat berbuat kebaikan dgn cara mempengaruhi fikiran dan jiwa mrk melalui cerita2 dongeng tsb maka dapat dipastikan akan seperti apakah umat jadinya. Jangankan kisah2 tentang NERAKA yg dijadikan alat utk mempertakuti manusia dgn harapan agar manusia tsb tidak berprilaku buruk atau berbuat baik krn akan dapat pahala dan masuk sorga sedangkan kenyataan sehari-hari yg dapat dijadikan contoh akibat buruk dari suatu perbuatan jahat saja belum tentu menyadarkan manusia agar supaya tidak melakukannya terlebih lagi hal semacam itu. Contohnya TIDAK SEDIKIT KORBAN NARKOBA. TAWURAN. KECELAKAAN LALIN. BANJIR. PENJARA. DIGEBUKIN MASA. Dstnya yg nyata2 menimbulkan penderitaan serta kerugian bahkan kematian tetap saja tak mengubah kesadaran manusia utk lakukan kesalahan dan kejahatan terlebih lagi hal semacam itu jelas saja TUHAN DAN AJARAN TUHAN AKAN DIREMEHKAN DAN DIANGGAP SEJAJAR DGN DONGENG2 YG SAMPAI KAPANPUN TAK AKAN PERNAH MAMPU MENIMBULKAN KESADARAN BERFIKIR DAN BERSIKAP MANUSIA TERLEBIH LAGI BILA CERITA TSB LEBIH CENDERUNG MEMPROMOSIKAN SUATU KEBUDAYAAN BANGSA DAN NEGARA TERTENTU SEDANGKAN TIAP2 BANGSA DAN NEGARA MASING2 TELAH MEMILIKI BUDAYA MASING2 YG JUGA MEMILIKI TUJUAN UTK KEBAIKAN MASING2 DGN CERITA DAN TOKOH CERITA BAHKAN BUKTI2 HYSTORIS CERITA SBG ALAT PEMBENARAN CERITA AGAR DIYAKINI SBGMN DONGENG BATU MENANGI. Di SUMBAR.

HADIR / ADA

." Agar tidak menimbulkan salah pengertian sbb dinegeri ini masyarakatnya kebanyakan gemar mengkritisi meski kondisi pemikirannya sedang krisis ada baiknya dijelaskan maksud dari judul persamaan dgn beberapa contoh kalimat. Saya sudah SAMPAI disana pukul 12 siang. Saya sudah DATANG disana pukul 12 siang. Saya sudah TIBA disana pukul 12 siang. Saya sudah ADA disana atau saya sudah HADIR (Bhs Arab) disana pukul 12 siang. Persamaan istilah tsb dapat diselami para perenang yg terbiasa mengarungi lautan atau samudera yg dalam agar dia mengenal segala sesuatunya dikedalaman tsb. Berkemungkinan ini tampak seperti ungkapan kegilaan karena tampak tak tentu arah cakupan bahasannya para sastrawan menolak status ini sbg status yg membahas seputar sinonim kata dan para psykiater akan menganggap status ini adalah status orang yg sedang alami gangguan jiwa karena tak jelas topik pembicaraan. Hanya orang2 yg waraslah yg mengetahui kalau dia sedang tidak dalam masalah gangguan jiwa. " Sampai Hati. Aku terpesona dgn istilah tsb, Sampai Hati bisa mengartikan suatu sikap dan perbuatan atau perkataan yg diangga Kejam atau Kekejaman seseorang terhadap orang lain dgn kata lain TEGA.? Betapa tingginya dan betapa kuatnya serta betapa hebatnya bahasa Indonesia sehingga kalimat tsb dapat berarti suatu hal yg bersifat buruk (Konotasi) padahal kata SAMPAI dan HATI tsb tak berhubungan dgn suatu perkataan dan sikap maupun perbuatan yg buruk namun mengapa bisa disimpulkan (Persesikan/Asumsikan) menjadi suatu hal yg buruk. Demikian pula dgn istilah kata TEGA ke dengan kata TEGAS hanya karena penambahan huruf S saja kedua kata tsb menampakan perbedaan DNA sekalipun mereka berdua adalah saudara seibu dan sebapak yg terlahir dari rahim bahasa yg sama yaitu RAHIM IBU PERTIWI sedangkan dia putranya yg bernama DALBO.

Rabu, 09 April 2014

Jeroan , Daleman,ISI



Istilah kata utk mengatakan ttg sesuatu yg tak tampak dipermukaan. Utk mengatakan bagian terdalam dari organ tubuh hewan maupun manusia bhs Indonesia gunakan istilah JEROAN sedangkan utk mengatakan ttg suatu hal yg jauh dari permukaan orang2 Indonesia menyebutnya dgn istilah KEDALAMAN sedangkan utk menyebutkan ttg sesuatu letak yg tidak tampak dipermukaan disebut DIDALAM. Adapun utk mengetahui suatu persoalan yg tak dapat dilihat dipermukaan maka Bangsa Indonesia gunakan istilah PENDALAMAN. Adapun istilah yg digunakan utk komunitas manusia yg hidup disuatu tempat jauh dari keramaian Kota maupun Desa kita Bangsa Indonesia mengenalnya dgn sebutan ORANG PERDALAMAN/PERDALAMAN. Sedangkan istilah yg digunakan utk perbandingan keadaan suatu ukuran yg terjauh dari permukaan yg lainnya Bangsa kita selaku bangsa INDONESIA mengenalnya dgn istilah TERDALAM,
QS.18 ayat 93. "Hingga apa bila dia sampai diantara dua buah gunung; dia mendapatkan dìhadapan kedua bukit tsb suatu QOUM (BANGSA) yg nyaris tidak mengerti pembicaraan meskipun gunakan LUGHOTNYA (BAHASANYA) sendiri. DALAM-PERDALAMAN-MENDALAMI-KEDALAMAN-MENDALAM-DIDALAM-KEDALAM-TERDALAM-SEDALAM-PENDALAMAN. Dalam bahasa Arabnya dikenal dgn sebutan FII (DALAM) Fissamawati wal ardhi= yang berada didalam langit dan yg ada didalam bumi.?
Istilah jero tentu jarang digunakan pada bhs Indonesia dikeseharian pembicaraan masyarakat sekalipun masyarakat Palembang maupun Etnis Jawa mengenal istilah kata Jero utk menyebutkan tentang sesuatu yg tampak dipermukaan atau bagian dalam namun kata JERO pada umumnya lebih populer disebutkan dikalangan pedagang daging dipasar-pasar sekalipun orang2 Palembang tua gunakan kata JERO tsb biasa juga utk menunjukan ttg keberadaan sesuatu yg tidak berada dipermukaan pandangan atau diluar dgn kata lain utk menunjukan keberadaan sesuatu yg berada dibagian dalam sesuatu tempat."DI JERO." Istilah kata di JERO kini nyaris tak terdengar lagi karena keberadaan orang2 tua Palembang kebanyakan lenyap dimakan usia oleh karena itu istilah JERO kini hanya akrab ditelinga pembeli dan penjual daging hewan dipasar-pasar guna mengatakan ttg sesuatu bagian dari hewan yg tak tampak dari luar. JEROAN AYAM. JEROAN SAPI. JEROAN BABI spt usus, limpo, paru2, ginjal, jantung, hati, tembolok, iga, babat, empela/rempelo dll.

Terjemah Atau Tafsir



Laa Iqroha fid Diin." bila itu diterjemahkan dgn arti umumnya terjemahan maka itu akan berarti "TIDAK ADA PAKSAAN UTK BERAGAMA." Dan menurut terjemahan yg ada malah ayat tsb ditambah terjemahannya menjadi." TIDAK ADA PAKSAAN UTK MEMELUK AGAMA ISLAM." artinya buku tsb bukan lagi buku "TERJEMAHAN MELAINKAN BUKU TAFSIR." sekiranya ayat tsb ditafsirkan sesuai teks saja mungkin tak jadi soal sbb itu bisa bermanfaat bg umat utk memahami namun berhubung penafsirannya sudah bersifat memaksakan pendapat si pembuat tafsir maka ranculah jadinya. Spt contoh sbb. Bila DIIN diartikan AGAMA (Bhs. SANSEKERTA) yg bila diterjemahkan lg kedalam bhs Indonesianya maka kata AGAMA itu artinya adalah ATURAN dan ayat yg berbunyi LAA IQROHA FIDDIN tsb berarti TIDAK ADA PAKSAAN UTK BERATURAN. Oleh karena itu maka orang yg berfikiran waras akan mempertanyakan hal tsb dgn pertanyaan sbb.

1. MUNGKINKAH KETERATURAN DAPAT TERWUJUD BILA TIDAK ADA PENERAPAN ATURAN.

2. MUNGKINKAN PENERAPAN ATURAN DAPAT TEREALISASI BILA TIDAK DISOSIALISASIKAN.

3. MUNGKINKAH PENERAPAN DAPAT TERLAKSANA EPEKTIF BILA TAK DIPAKSAKAN.

4. MUNGKINKAH SUATU KEBIJAKAN ATURAN DAPAT TERPENUHI AGAR DAPAT MEWUJUDKAN KETERATURAN SESUAI TATANAN HIDUP BILA HAL TSB DISERAHKAN KEPADA TIAP2 PRIBADI UMAT MANUSIA GUNA MENENTUK PILIHAN DAN SELERA ATURAN YG DISENANGI DAN SESUAI KEINGINAN MASING2 TANPA PEMAKSAAN.?

Sudah dapat dipastikan negara2 akan bubar bila tiap2 negara tidak memiliki peraturan dan perundang undangan yg sifat penerapannya tanpa adanya tindakan pemaksaan. BUKANKAH SANGSI PIDANA, DENDA ATAU PERDATA ATAS SIAPAPUN YG MELAKUKAN PELANGGARAN ADALAH SUATU BENTUK PEMAKSAAN AGAR ATURAN TSB DAPAT TERLAKSANA SESUAI HUKUM DAN PERUNDANG UNDANGAN,

Laa iqroha fid Diin. Bagaimanakah bila kata DIIN tsb diartikan AGAMA ISLAM atau AGAMA dan juga diartikan PEMBALASAN. Dan bagaimanakan bila suatu kata dalam bhs asing diterjemahkan dgn bhs asing pula dan ditafsirkan.? Atau bagaimanakah bila suatu bhs diterjemahkan dgn penerjemahan yg tak dapat dijadikan patokan ilmu bhsnya sehingga bisa diartikan bermacam macan dan menjadi penyebab kemunculan multi tafsir.? Dan bagaimanakah bila arti kata DIIN tsb adalah PERADABAN lalu terjemahan LAA IQROHA FIDDIIN tsb diterjemahkan TIDAK ADA PAKSAAN UTK MENJADI ORANG2 YG BERADAB. Atau BERPERADABAN.?

QS.77 dari judulnya saja sudah ngawur yakni AL MURSALAT ditafsirkan dgn MALAYKAT YG DIUTUS. Padahal pada ayat 5 dan 6 nya berbunyi sbg berikut."

DAN (MALAYKAT2) YG MENYAMPAIKAN WAHYU. UTK MENOLAK ALASAN ATAU MEMBERI PERINGATAN.!!!  apakah KITABULLOH TSB BUKAN BERISIKAN WAHYU. DAN SIAPAKAH YG MENYAMPAIKAN AJARAN YG TERDAPAT PADA KITABULLOH KPD UMAT MANUSIA SAAT INI.? Patut juga dipertanyakan BILA MALAYKAT DAN SYSTEM PERWAHYUAN SBGMN APA YG DIKENAL UMAT SESUAI DGN APA YG DIAJARKAN PARA TOKOH2 YAKNI MAKHLUK LUAR ANGKASA YG TURUN KEBUMI YG DIKENAL BERNAMA JIBRIL DAN MENGAJARKAN ORANG ARAB DAHULU YG BERINISIAL MUHAMMAD ARTINYA KITABULLOH SAAT INI BUKAN KITAB WAHYU?

QS.77 ayat 5 dan 6." DAN (MALAYKAT2) YG MENYAMPAIKAN WAHYU. UTK MENOLAK ALASAN ATAU MEMBERI PERINGATAN.!!!.." APAKAH KITABULLOH SAAT INI BUKAN WAHYUH.?!! DAN BILA WAHYU LANTAS SIAPAKAH YG MENYAMPAIKAN AJARAN KITABULLOH TERHADAP UMAT AGAR UMAT TAK DAPAT MENGEMUKAKAN ALASAN. APAKAH MALAYKAT ATAU MANUSIA.? Hal itulah yg jadi penyebab kesesatan persepsi sehingga LIA EDEN DAN MIRZA GULAM DAN ADA BANYAK YG BERASUMSI SBG ROSUL. JIBRIL DAN NABI dgn sbb mereka merasa sbg penyampai ajaran kitabulloh yang notabene adalah wahyu Tuhan. Bila kata ALMURSALAT DIARTIKAN UTUSAN2 ATAU MALAYKAT2 YG DIMAKSUD MAKHLUK LUAR ANGKASA ATAU ROSUL2 TERDAHULU ARTINYA PENYAMPAIAN AJARAN KITABULLOH SUDAH TERPUTUS SAAT INI KRN TIDAK ADA LAGI ROSUL DAN JIBRIL SUDAH PENSIUN MENYAMPAIKAN WAHYU. Pertanyaannya. Lantas siapakah yg dimaksud pada ayat 4.5 dan 6. DAN MALAYKAT2 YG MEMBEDAKAN ANTARA YG HAK DAN YG BATHIL DGN SEJELAS-JELASNYA. DAN MALAYKAT YG MENYAMPAIKAN WAHYU UTK MENOLAK ALASAN ATAU MEMBERI PERINGATAN.? Tentu umat sekarang wajar bila menjadi sesat karena mempunyai alasan utk sesat sbb umat sekarang tidak diutus seorangpun utusan agar mendapatkan penjelasan seputar ajaran kitabulloh yg tentunya wahyu Alloh utk diajarkan dan disampaikan pada mrk karena MALAYKAT DAN ROSUL SUDAH TIDAK ADA LAGI DAN WAHYU SUDAH TIDAK ADA LAGI ARTINYA UMAT BERASALAN UTK MENJADI SESAT. Lantas apakah KITABULLOH YG DIKENAL UMAT DGN SEBUTAN ALQURAN SAAT INI BUKAN WAHYU TUHAN.? DAN BAGAIMANA KETERANGAN TENTANG ALQURAN SBG MUKJIZAT NABI MUHAMMAD YG BERLAKU HINGGA AKHIR ZAMAN TSB.? Bila penyampainya tidak ada lg lantas bagaimanakah umat sekarang bisa tahu dan membedakan antara hak dan bathil sedangkan Jibril dan Rosul itu dijadikan oknum pribadi makhluk yg jadi penyebab ada orang2 yg mengaku itu lalu ditangkap karena dituding sesat dan bagaimanakah kelanjutannya bila bgt apakah harus diputuskan bahwasanya ajaran islam sudah tidak perlu lg diajarkan karena pengajarnya sudah tamat sejak dahulu.?

KARNIVORA



Kebinatangan yg akrab dalam lingkungan manusia. Binatang masuk kategorik makhluk hidup. Karena binatang memiliki ruh, jasad dan jiwa bedanya pada jiwa BINATANG TAK MEMILIKI DGN SEMPURNA AKAL BUDI DAN AKAL FIKIR SELAIN DARI KEINGINAN DAN PERASAAN YG MENURUT BAHASA TRADISIONALNYA ADALAH NALURI DAN NAFSU, Kekurang akalan para binatanglah yg menjadi penyebab seekor ular diberi mulut yg berbisa, dan kerbau diberi tanduk serta tenaga yg kuat serta burung diberi sayap utk terbau atau harimau diberi taring dan cakar dan kuda diberi tenaga maupun kecepatan utk berlari menghindar. Namun binatang hanya diberi kemampuan melihat segala sesuatunya hanya dgn warna HITAM DAN PUTIH, Binatang banyak jenis dan kelompoknya. Dan manusia mengenal tiap2 binatang tsb dari prilaku dan kebiasaan makannya diantaranya adalah. HERBIVORA,karnivora, Karnivora adalah binatang pemangsa yg biasa memakan daging serta meminum darah sesama binatang. NALURI KEBINATANGAN PARA BINATANG2 TSB DIKENAL MANUSIA DGN ISTILAH BINATANG BUAS DAN LIAR. Binatang KARNIVORA ADA YG SIFATNYA NOKTURNO YAKNI BINATANG YG BERBURU MANGSA DIKEGELAPAN MALAM DAN ADA JUGA YG BERAKTIVITAS BERBURUNYA DISIANG HARI. Tidak semua binatang pemangsa tsb adalah para binatang2 yg bertubuh besar dan sifatnya menakutkan karena kebuasannya seperti HARIMAU. SINGA. SRIGALA DAN BERUANG Namun ada juga diantara para binatang2 buas dan pemangsa tsb adalah binatang2 yg kecil2 bahkan ada yg tak terlihat kebuasannya krn binatang tsb wujudnya amat kecil. Predator tsb pun memiliki komunitas sosial sesuai jenis kelompok dan golongan binatang masing2, Sesama binatang sekalipun sejenis bila memungkinkan maka mereka akan saling menyingkirkan dan memangsa karena memang demikian itulah naluri umumnya karakter kebinatangan makhluk PREDATOR. Perebutan betina dan wilayah serta pengaruh dominasi populasinya silih berganti disepanjang masa meskipun mrk juga bisa bersosialisasi dan berinteraksi dgn sejenis dari speciesnya akan tetapi bila species tsb bukan dari kelompok asalnya maka pada umumnya akan dikeroyok dan diusir dari habitat koloninyag kebiasan berebut makanan dgn cara tidak tertib dan binatang yg lebih dominanlah yg harus lebih dulu kenyang utk menyantap hewan hasil buruan tsb adalah adat istiadat yg sudah terjadi sejak zaman nenek moyang kebinatangan dan perbinatangan. Demikian pula bila saling mencuri dan memperebutkan makanan hasil buruan baik sejenis maupun berlainan jenis, Kebinatangan diciftakan Tuhan dgn tujuan utk keperluan manusia spt keindahan warna dan corak serta kicauan burung yg merdu dapat menimbulkan perasaan senang dihati manusia dgnnya selain dari keperluan yg lain yg terdapat pada binatang yg menjadi penyebab manusia memelihara dan memperternakan serta budidaya para binatang2 tsb. Bgtpula dgn Kerbau yg memiliki kekuatan tenaga dapat membantu meringankan pekerjaan manusia guna mengolah sawah. Dan juga Kuda yg kencang dan kuat tenaga larinya itupun berguna bagi manusia utk mencapai tujuannya sbg kendaraan disetiap perjalanan hidupnya. Dan anjing yg juga berguna menjadi penjaga serta melacak atau mengendus jejak2 yg tak mungkin mampu dideteksi manusia. Demikian juga kebuasan harimau dan ketajaman pandangan mata elang serta keramah tamahan dan sifat gotong royongnya semut. Atau lebah yg hasilkan antup dan madu sbg obat atau bisa mulut2 ular yg mematikan syaraf yg juga dapat digunakan utk menyembuhkan lukä2 didalam jiwa manusia yg terkena patukan ular berbisa. Dan binatang buas maupun binatang liar lainnya yg terdapat disekeliling kehidupan didalam jiwa manusia, Kebinatangan yg ada pada belantara akal manusia serupa dgn keberadaan binatang yg ada dilingkungan hidup manusia. Karena semuanya berada dialam fikiran dan alam semesta yg menjadi isi kehidupa didunia ini. Tiap2 binatang yg ada dirimba belantara akal alam fikiran dan kehidupan manusia berguna utk keperluan hidup manusia dgn fungsi masing2. Dan manusialah yg menjadi kholifah guna menundukan para binatang dan mengendalikan para binatang serta menjinakan para binatang yg ada dirimba belantara akalnya. Namun sayang karena tenaga kehidupan jiwa manusia terkadang suka tak berdaya utk mengendalikan peranannya sbg manusia yg mengendalikan tali kekang kebinatangannya. Dan oleh karena itu pula maka mudah kita temukan diantara manusia yg menjadi mangsa kebuasan dan keganasan hawa nafsu kebinatangannya, pemangsa. HERBIVORA. Pemakan tumbuh2an Dan OMNIVORA pemakan apa saja bahkan sumpahpun dimakan alias makan sumpah,


Akar Batang Daun



Flora atau tumbuh2an, aneka jenis tumbuh2an atau juga tanaman yg dikenal manusia. Bicara tentang tumbuh2an atau tanaman umumnya akrab difikiran kita tentu saja pembicaraan yg berhubungan dgn dgn TANAH, AKAR, BATANG, DAUN dan BUAH. Episode status ini tahap awalnya sengaja dikhususkan utk mengurai peranan keberadaan daun yg terdapat pada tiap2 tanaman atau tumbuhan, DAUN, Adalah bagian penting pada tanaman atau tumbuhan, karena bagian tsb berfungsi sbg dapurnya tanaman utk memproses bahan makanan yg diserap akar dari dalam tanah. Dgn bantuan sinar Matahari maka zat hijau daun dibuat disana. Dan pada umumnya kita mengenal warna daun adalah hijau sbg sosok daun yg masih segar dari tanaman yg segar pula terkecuali warna dedaunan yg sudah rontok karena penuaan usia atau karena pohonnya mati. Maka daun tsb akan berwarna coklat dan tidak segar atau layu lg lemas. DAUN. Pohon yg hampir mati sedikit daunnya sedangkan pohon yg mati akan tampak ada banyak dedaunannya yg kuning kecoklatan sedangkan pohon yg tumbuh subur akan tampak rimbun hijau dedaunannya. Bergai istilah yg biasa manusia kemukakan dgn menggunakan kata daun spt. NAIK DAUN. dan MATANYA HIJAU bila melihat lembaran duit serta DAUN TELINGA atau DAUN JENDELA, DAUN. Daun Telinga baik dari segi fungsi maupun keadaannya menyerupai daun yg terdapat pada tanaman. Daun telinga yg layu dan kuning kecoklatan sifatnya sama seperti daun tanaman yg hampir mati yg batangnya menjadi kayu. Daun Telinga yg demikian amat mudah sekali tersulut api demikian pula kayu pohonnya karena pohon tsb sudah mati dan mengering yg berada diatas tanah yg juga kering gerontang. Demikianlah pola hidup tumbuhan atau tanaman yg mayoritas diantara mrk yg senantiasa memperebutkan tempat yg basah guna kehidupan dan penghidupannya dan amat berbeda sekali dgn pohon kaktus yg tetap hidup sekalipun digurun yg serba tandus lg kering maka dari itu tanaman kaktus meliki duri2 yg tajam dan tanpa daun karena antara batang dan daun para kaktus tak dapat dibedakan mana yg batang dan daun, Keluarga besar tanaman gurun yg tandus terkenal akan duri2 tajamnya selain dari mana yg batang maupun daunnya tak dapat dibedakan. Mulai dari Pak Tus. Buk Tus. Nak Tus. Nek Tus. Kek Tus. Dik Tus hingga ke Kak Tus adalah marga tanaman penghasil duri2 tajam. Tampa daun dan buah apalagi bila mau diharapkan kembangnya atau harumnya. Namun meskipun demikian tetaplah pohon yg tampak hina dan tumbuh diatas kekering gerontangan karena mimimnza air KAK TUS Daun menguning kecoklatan karena kering terkena panas dari pohon yg mati yg menjadi kayu mrk tumbuh diatas tanah gersang yg miskin akan air, Daun menguning kecoklatan karena kering terkena panas dari pohon yg mati yg menjadi kayu mrk tumbuh diatas tanah gersang yg miskin akan air. Akan mudah tersulut percikan bunga2 api lalu terbakar atau gosong karena panas dan menjadi arang. Dedaunan yg mengering saja mudah patah karena sifatnya yg rapuh terlebih lagi dedaunan yg gosong karena terpaan panas yg menyengat maka diapun akan menjadi arang dan lebih rapuh serta hancur dan patah begitupula pohon2 yg sudah menjadi kayu dan mengering serta gosong akibat panasnya sorot api kehidupan maka arang2nya akan amat teramat sangat mudah menjadi patah sbgmn patahnya PATAH ARANG, Kayu berasal dari batang pohon yg sudah mati, berbagai jenis dan kegunaan para kayu yg akan menjadi bahan baku para tukang kayu utk membuat sesuatu yg sesuai kemampuan dan keterampilan para tukang kayu. ADA KAYU JATI yakni jenis kayu yg pada umumnya digunakan sbg bahan pembuatan furniture ukiran baik meja, kursi. Buffet maupun lemari pakaian dan lemari hias. Dan ada juga jenis kayu2 lainnya yg dapat digunakan para tukang kayu utk berbagai jenis baik patung manusia kayu. Wayang golek. Pedang2an kayu. Stick bilyard. Korek api. Pagar. Jembatan. Kusen. Bangku dan Kursi Kepresidenan maupun KURSI DIPARLEMEN TANPA TERKECUALI KURSI GOYANG UTK PARA KAKEK DAN NENEK PIKUN AGAR MUDAH NGASO ATAU SANTAI SAMBIL TIDURAN DIATAS TEMPAT DUDUKNYA YG DIA DUDUKI SETELAH DAPATKAN KEDUDUKANNYA YG NYAMAN MAKA TIDURLAH MRK MELEWATI HARI2NYA. Hingga akhirnya terjatuh dari kursinya masing2 yg telah dia duduki dgn asik, Kayu hasil dari pohon yg mati karena usia atau ditebang para perambah. Ada kayu yg digunakan sbg bahan bakar atas orang2 miskin bin melarat karena tak mampu membeli bahan bakar. Dan ada juga KAYU yg menjadi PUNTUNG NERAKA yg digunakan utk membakar para penghuni neraka dan ada juga kayu yg dijadikan sbg tiang jemuran atau tiang pancang gubuk yg pasti KAYU TIDAK AKAN PERNAH MENJADI TIANG AGAMA TERLEBIH LAGI KAYU BERSANDAR DAN KAYU LAPUK ATAU KAYU ARANG YG MUDAH PATAH ARANG, Akar yg tak kasat mata karena dia berada dibawah tanah. Berbagai jenis akar yg terdapat dibawah tanah yg berasal dari tanaman atau tumbuh2an yg berbeda. Bgt pula akar permasalahan yg tumbuh pada setiap kejadian dan hanya mrk yg mengenal dan memahami berbagai jenis tumbuhan atau tanaman sajalah yg mengerti dan memahami aneka jenis akar tanaman yg jadi masalah dan negeri kita adalah negeri yg ditumbuhi beraneka jenis tanaman negeri kita adalah negeri yg kaya akan aneka jenis Flora dan oleh karena itupula negeri kita dibawah tanahnya ada banyak akar yg menjalar atau merambat dibawah tanahnya terkecuali AKAR BERINGIN YG TAMPAK MENJURAI DAN MENGGELANTUNG DIPERMUKAAN POHON DAN DIDALAM TANAH, Kayu bersandar akan roboh bila dinding sandarannya lepas, kayu bersandar akan lapuk dimakan usia karena terpaan panas dan guyuran hujan. Kayu bersandar akan binasa dgn sendirinya terkena guyuran hujan dan teriknya mentari. Kayu bersandar menganggap bahwasanya setiap gelegar halilintar ditujukan pada sandarannya. Kayu bersandar adalah musuh yg sebenar-benarnya, Baik buruknya akar sebuah pohon dapat dilihat dari bentuk tegaknya batang pohon dan dedaunan serta pertumbuhan pohon tsb. Beringin yg tumbuh liar dialam akan menampakan kesan angkernya dan kebanyakan orang akan beranggapan bahwasanya pohon tsb dihuni para dedemit namun beringin yg di Bonzai akan tampak indah sehingga layak utk dijadikan hiasan rumah, Bila seluruh pohon dibumi dijadikan bonzai karena bonzai indah dipandang mata dan berharga maka dari tanaman apa lagi yg dapat digunakan manusia untuk dijadikan bahan pembuat pulp kertas. Dan siapakah yg dapat menahan kekering serta kelabilan tanah yg jadi penyebab longsor atau abrasi atau erosi. Dan siapa lagi yg dapat dimintakan pertanggung jawabannya guna mencegah polusi udara dan menipis oxygen serta lapis ozon maupun peningkatan karbondioxida di udara.? Bonzai memang indah dipandang mata yg dapat dijadikan hiasan meja2 kantor. Namun bukan berarti setiap tanaman yg tumbuh di nusantara ini harus dijadikan tanaman bonzai dgn alasan memperkecil penggunaan lahan karena lahan diperuntukan membangun gedung2 peribadatan. Perkantoran. Pabrik2 dan pasar2 swalayan serta hotel dan lapangan golf,