Rabu, 23 Mei 2018

Syeh Siti Jenar & Muridnya

AIR LAUT BUKAN BERARTI LAUTAN

KETUHANAN (SYEKH SITI JENAR)
""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
Suatu ketika SYEKH SITI JENAR mengajarkan ilmu kepada para murid-muridnya. SYEKH SITI JENAR berkata, “Manusia harus berpegang pada akal, meyakini pula dua puluh sifat yang dimiliki ALLAH ”. Antara lain yakni; wujud, tak berawal, tak berakhir, berlainan dengan barang baru, berkuasa, berkehendak, berpengetahuan, memiliki ilmu secara hakikat dan sebagainya.
--------------------------------------------------------------------------------------------
Para santri mengajukan pertanyaan- pertanyaan sebagai berikut:
__
MURID : Apakah wujud dari Tuhan itu dapat dimiliki oleh manusia?
__
SYEKH JENAR : Memang, sifat wujud itu bisa dimiliki manusia dan itulah inti dari ajaran ini. Selama manusia mampu menjernihkan kalbunya, maka ia akan mempunyai sifat-sifat itu. Sifat tersebut pun sudah kumiliki. Kalian bisa melakukannya dengan mengamalkan apa yang hendak kuajarkan. Allah adalah satu-satunya yang wajib disembah. Dia tidak tampak dan tidak berbentuk. Tidak terlihat oleh mata. Sedangkan alam dan segala isinya merupakan cerminan dari wujud Allah yang tampak. Seseorang bisa meyakini adanya Allah karena ia melihat pancaran wujudNya melalui jagad raya ini. Allah tidak berawal dan berakhir, memiliki sifat langgeng, tak mengalami perubahan sedikitpun. Allah berada di mana-mana, bukan ini dan bukan itu. Dia berbeda dengan segala wujud barang baru yang ada di dunia.
__
MURID : Wahai Kanjeng Sykeh, jelaskan kepada kami tentang hakikat kodrat?
__
SYEKH JENAR : Kodrat adalah kekuasaan pribadi Tuhan. Tak ada yang menyamainya. KekuatanNya tanpa sarana. kehadiranNya berasal dari ketiadaan, luar dan dalam tiada berbeda. Tak dapat ditafsirkan. Jika engkau menghendaki sesuatu maka pasti kalian rencanakan matang-matang dan pasti pikirkan berulang-ulang. Itupun masih sering meleset. Namun Allah tidak demikian, bila menghendaki sesuatu tak perlu dipersoalkan terlebih dahulu.
__
MURID : Kalau begitu Allah tidak memerlukan sesuatu?
__
SYEKH JENAR : Benar Allah tidak memerlukan sesuatu. Karena itu jika kalian hidup tanpa memerlukan sesuatu, tanpa butuh harta benda, tanpa butuh jabatan, tanpa butuh pujian, maka kalian akan merasakan hidup yang sesungguhnya. Kalian akan memiliki sifat Allah tersebut.
__
MURID : Kalau manusia menghindari sesuatu dan merasa tidak memerlukan apapun, apakah akhirnya dapat disamakan dengan Allah?
__
SYEKH JENAR : Tidak! walaupun manusia hidup tanpa bergantung sama sekali kepada duniawi, namun ia tetap berbeda dengan Allah. Tidak bisa disamakan dengan Tuhan. Allah adalah pencipta dan kalian adalah yang diciptakan. Allah berdiri sendiri, tanpa memerlukan bantuan. Hidupnya tanpa roh, tidak merasa sakit dan kesedihan, Allah muncul sekehendaknya.
__
MURID : Jika Allah berkehendak, maka apakah kehendak seseorang itu karena kemauan Allah?
__
SYEKH JENAR : Untuk sampai pada jawaban itu, kita harus membedakan seseorang mana. Manusia itu dibedakan menjadi beberapa tingkatan. Ada yang awam, ada yang khowash. Orang awam hanya beribadah secara Syariat, tanpa dapat memelihara kalbu, maka ia masih jauh bisa berhubungan dengan Allah. Sedangkan orang-orang khowash, termasuk para Nabi, Rasul dan waliyullah, mereka beribadah secara utuh. Bahkan sampai pula pada tingkatan hakikat. Kalau kalbunya sudah bersih dari duniawi dan menyatu dengan cahaya Ilahi, maka kehendak dan kemauannya itu berasal dari Allah. Perbuatannya adalah perbuatan Allah. Maka jangan heran jika ada orang yang diberi karomah sehingga segala ucapannya menjadi bertuah.
__
MURID : Kalau begitu, ibadahnya orang yang sudah khowash itu merupakan kehendak Allah?
__
SYEKH JENAR : Benar! Mereka mempunyai kejernihan akal budi. Memiliki kebersihan jiwa dan ilmu. Salat lima waktu dan berzikir merupakan kehendak yang sangat dalam. Bukan kehendak nafsunya, namun kehendak Allah. Semangatnya sedemikian besar. Mereka salat tidak mengharapkan pahala, tetapi merupakan suatu kewajiban (diri) dan pengabdian. Badan haluslah yang mendorong untuk menjalankan.
__
MURID : Banyak orang melakukan salat tetapi tidak menyentuh kepada Yang Disembah. Ini bagaimana?
__
SYEKH JENAR : Memang banyak orang yang secara lahiriah tampak khusuk salatnya. Bibirnya sibuk mengucapkan zikir dan doa-doa, namun hatinya ramai oleh urusan duniawi mereka. Islam yang demikian ini ibarat kelapa, mereka hanya makan serabutnya. Padahal yang paling nikmat adalah buah/daging kelapa dan air kelapanya. Mereka sembahyang lima waktu sebatas lahiriah saja. Tidak berpengaruh sama sekali kepada akal budinya. Padahal sembahyang itu diharapkan dapat mencegah keji dan munkar namun mereka tak mampu melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalaupun hakikat salatnya itu membekas pada budinya itupun hanya sedikit. Buat apa sembahyang lima kali jika perangainya buruk? Masih suka mencuri dan berbohong. Untuk apa bibir lelah berzikir menyebut asma Allah, jika masih berwatak suka mengingkari asma. Kadang-kadang pula mereka berharap pahala. Salatnya saja belum tentu dihargai oleh Allah, tetapi buru-buru meminta balasan … aneh!
__
MURID : Wahai Syekh, ada Hadis Rasulullah yang menyebutkan bahwa amal hamba yang pertama kali diperhitungkan adalah sembahyang. Jika sembahyangnya baik, maka semua dianggap baik. Ini bagaimana?
__
SYEKH JENAR : Itu perlu ditafsirkan. Tidak boleh dipahami secara dangkal makna dari Hadis tersebut. Hadis itu mengandung logika sebagai berikut; Orang yang tekun mengerjakan sembahyang dengan sempurna, maka perilaku, budi pekerti dan kalbunya juga harus terpengaruh menjadi baik. Sebab sembahyang yang dilakukan dengan jiwa yang bersih akan berpengaruh pula bagi cabang kehidupan lainnya. Lebih lanjut Syekh Siti Jenar mengatakan; sebaliknya Hadis itu tidak berlaku bagi orang yang tekun mengerjakan sembahyang tetapi hatinya masih kotor, tersimpan keinginan-keinginan nafsu misalnya ingin dipuji orang lain, terdapat ujub dan sombong, serta budinya menyimpang dan menabrak tatanan yang dilarang.
__
MURID : Apakah ada tuntunan mengenai pakaian seseorang yang sedang melakukan sembahyang?
__
SYEKH JENAR : Sesungguhnya aku (Syekh Siti Jenar) tidak sependapat jika ada orang yang mengenakan pakaian gamis dan meniru-niru pakaian orang Arab dalam melakukan salat. Jika selesai salat, jubah atau gamis itu dilepaskan. Sedangkan salat orang tersebut tidaklah menyentuh hatinya. Meskipun berlama-lama merunduk di Masjid, namun masih mencintai duniawi. Sembahyang yang pakaiannya kedombrangan, merunduk di Masjid berlama-lama sampai lupa anak-istri. Sedangkan ia masih mencintai duniawi dan mengumbar nafsu manusiawinya. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, ia seringkali menyusahkan orang lain. Maka orang yang demikian itu tidak terpengaruh oleh sembahyang yang dilakukan. Biasanya tipe orang seperti itu sibuk menghitung pahala. Dia sangat keliru dan bodoh. Pahala yang masih jauh tetapi diperhitungkan. Sungguh, sedikit pun tak akan dapat dicapainya.
__
MURID : Ruh Yang Luhur dan Sejati itu sesungguhnya siapa, wahai Syekh?
__
SYEKH JENAR : Gusti Allah. Gusti Allah adalah Ruh yang tinggi dan terhormat. Ia memiliki dua puluh sifat, semua timbul atas kehendakNya. Ia mampu mencurahkan ilmu kebesaran, kasampurnan, kebaikan, keramahan, kekebalan dalam segala bentuk, memerintah umat. Dapat muncul di segala tempat dan sakti sekali. Aku (Syekh Siti Jenar) merasa wajib dan menuruti kehendakNya. Sebagaimana ajaran Jabariyah, dengan kesungguhan dan konsekuen, selalu kuat cita-citanya, kokoh tak tergoyahkan terhadap sesuatu yang tidak suci, berpegang teguh kepadaNya selama hidup, tak akan menyembah terhadap ciptaanNya, baik dalam wujud maupun dalam pengertian.
__
MURID : Mengapa Kanjeng Syekh dianggap oleh para wali sebagai wali murtad?
__
SYEKH JENAR : Karena ajaranku tidak mudah dipahami orang awam.
__
MURID : Bagaimana ajaran Kanjeng Syekh yang dianggap sesat?
__
SYEKH JENAR : Aku adalah penjelmaan dari Ruh Luhur, yang memiliki semangat, sakti dan kekal akan kematian. Dengan hilangnya dunia Gusti Allah telah memberi kekuasaan kepadaku dapat manunggal denganNya, dapat langgeng mengembara melebihi kecepatan peluru. Bukannya akal, bukannya nyawa, bukan penghidupan yang tanpa penjelasan dari mana asalnya dan kemana tujuannya.
__
MURID : Apa hubungannya antara kanjeng Syekh Siti Jenar dengan Allah, yang kau sebut sebagai Ruh Sejati?
__
SYEKH JENAR : Ruh yang sejati menguasai wujud penampilanku. Karena kehendakNya maka wajarlah jika aku tidak mendapat kesulitan. Aku bisa berkelana ke mana-mana. Tidak merasa haus dan lelah, tanpa sakit dan lapar, karena ilmu kelepasan diri, tanpa suatu daya kekuatan. Semua itu disebabkan jiwaku tiada bandingannya. Secara lahiriah memang tidak berbuat sesuatu, tetapi tiba-tiba sudah berada di tempat lain. Gusti Kang Murbeng Dumadi (Allah) yang kuikuti, kutaati siang malam, yang kuturut segala perintahNya. Tiada menyembah Tuhan lain, kecuali setia terhadap suara hati nuraniku. Allah Maha Suci.
__
MURID : Wahai Syekh jelaskan apa yang di maksud bahwa Allah itu Maha Suci?
__
SYEKH JENAR : Allah Maha Suci itu hanyalah sebatas istilah saja. Merupakan nama saja. Sebenarnya hal itu dapat disamakan dengan bentuk penampilanku. Jika kalian melihatku, maka tampak dari luar sebagai warangka (kerangka), sedangkan di dalamnya adalah kerisnya (intinya) Hyang Agung, yang tak ada bedanya dengan kerangka. Tuhan itu wujud yang tidak dapat dilihat dengan mata, tetapi dilambangkan seperti bintang yang bersinar cemerlang. Sifat-sifatNya berwujud samar-samar bila dilihat, warnanya indah sekali seperti cahaya.
__
MURID : Di manakah Tuhan berada? kami membayangkan Dia ada di langit ke 7 dan bersemayam di atas singgasana layaknya raja.
__
SYEKH JENAR : Siti Jenar mendadak tertawa. Setelah tertawanya reda, ia berkata, “Itu salah besar, itu kebodohan. Sesungguhnya Tuhan tidak berada di langit ketujuh dan tidak bertahta di singgasana atau arsy (kursi). Bila kalian membayangkan demikian, maka hati kalian sudah musyrik. Berdosa besar. Karena kalian menyamakan Dia dengan raja atau dengan penguasa.
__
MURID : Kami jadi bingung, Kanjeng Syekh, lantas Tuhan itu ada di mana?
__
SYEKH JENAR : Kalau kalian bertanya demikian, maka jawabnya mudah. Gusti Allah itu tidak kemana-mana, tetapi ada di mana-mana.
__
MURID : Kami semakin tak mengerti. Bisakah Kanjeng Syekh memberi penjelasan yang lebih gamblang?
__
SYEKH JENAR : Gusti Allah itu berada pada Ruh yang tempatnya tidak jauh. Dia bersemayam di dalam tubuh kita. Tetapi hanya orang yang khowash, orang yang terpilih dapat melihat. Tentunya dengan mata batin. Hanya mereka yang dapat merasakannya.
__
MURID : Apakah Allah itu berupa roh atau sukma?
__
SYEKH JENAR : Bukan roh dan bukan sukma. Allah adalah wujud yang tak dapat dilihat oleh mata, tetapi dilambangkan seperti bintang-bintang bersinar cemerlang. Sudah kukatakan tadi, warnanya indah sekali. Ia memiliki dua puluh sifat seperti; sifat ada, tak berawal, tak berakhir, berbeda dengan barang-barang yang baru, hidup sendiri dan tidak memerlukan bantuan dari sesuatu, berkuasa, berkehendak, mendengar, melihat, berilmu, hidup dan berbicara. Sifat Gusti Allah yang 20 itu terkumpul menjadi satu wujud mutlak yang disebut dengan Ruh. Sifat 20 itu juga menjelma pada diriku. Karena itu aku yakin tidak akan mengalami sakit dan sehat, punya budi kebenaran, kesempurnaan, kebaikan dan keramahan. Roh ku memiliki sifat 20 itu, sedangkan ragaku yang lahiriah memiliki sifat nur Muhammad.
__
MURID : Wahai Syekh, bukankah Muhammad SAW itu seorang Nabi. Apakah Syekh mengaku sebagai Nabi? Sedangkan dikatakan bahwa setelah Nabi Muhammad, di dunia ini tidak ada ke-Nabi-an lagi?
__
SYEKH JENAR : Jangan salah menafsirkan kata-kataku. Jika salah, maka kau akan sesat dan timbul fitnah. Tentu saja memfitnah diriku. Begini, bahwa rohku adalah Ruh Ilahi. Karena aku pun memiliki sifat 20. Sedangkan badan wadagku, jasadku ini, adalah jasad Muhammad. Dari segi lahiriah Muhammad adalah manusia. Namun manusia Muhammad berbeda dengan orang kebanyakan. Muhammad memiliki jasad yang kudus, yang suci. Aku dan dia sama-sama merasakan kehidupan, merasakan manfaat panca indera. Dan panca indera itu hanyalah meminjam. Jika sudah diminta kembali oleh Pemiliknya akan berubah menjadi tanah yang busuk, berbau, hancur dan najis. Nabi atau wali, jika sesudah kematian jasadnya menjadi tak bermanfaat. Bahkan berbau, kotor, najis, busuk dan hancur. Warangka jika sudah ditinggalkan kerisnya maka tiada guna.
__
MURID : Jika seseorang sudah mati, berarti selesai sudah kehidupannya?
__
SYEKH JENAR : Siapa bilang begitu? Tidak! Meskipun jasadnya mati, tetapi sebenarnya ia tidaklah mati. Karena itu, kalian semua harus mengerti bahwa dunia ini sesungguhnya bukanlah kehidupan. Buktinya ada mati. Di dunia ini, kehidupan disebut kematian. Coba rasakan! Aku mengajarkan kepada kalian untuk tidak menyintai dunia ini dan tidak terpesona terhadap keindahannya. Carilah kebenaran dan kebahagiaan sejati demi kehidupan mendatang, kehidupan setelah kematian. Kalian akan berarti jika telah menemui kematian dan hidup sesudah itu. Engkau harus memilih hidup yang tak bisa mati. Dan hidup yang tak bisa mati itu hanya kalian rasakan setelah nyawa terlepas dari badan. Kehidupan itu akan dapat dirasakan dengan tanpa gangguan seperti sekarang ini. Ketahuilah, hidup yang sesungguhnya adalah setelah nyawa lenyap dari badan.
__
MURID : Agar dapat meraih kehidupan dalam kemuliaan sejati kelak, dalam kehidupan di dunia ini dibutuhkan kebenaran dan kebahagian sejati. Bagaimanakah cara mendapatkannya Kanjeng Syekh?
__
SYEKH JENAR : Jiwa manusia adalah suara hati nurani. suara hati nurani merupakan ungkapan Ruh Allah yang harus ditaati perintahnya. Maka ikutilah hati nuranimu.
__
MURID : Bagaimana caranya meyakinkan bahwa suatu bisikan adalah suara hati nurani yang sesungguhnya?
__
SYEKH JENAR : Kalian harus cermat, karena hati nurani berbeda dengan akal budi, jiwa itu milik Allah, sedangkan akal milik manusia. Akal bersifat manusiawi, karena itu kadang-kadang akal tak mampu menemukan keajaiban Allah. Kehendak, angan-angan, ingatan, merupakan suatu akal yang tak kebal atas kegilaan. Suatu ketika akal bisa menjadi bingung sehingga membuat seseorang lupa diri. Akal seringkali tidak jujur. Siang malam membuat kepalsuan demi memakmurkan kepentingan pribadi.
__
MURID : Bukankah manusia menjadi lebih mulia jika dibandingkan dengan makhluk lainnya, karena manusia diberi akal oleh Allah?
__
SYEKH JENAR : Ya, itulah yang membedakan. Tapi jangan lupa bahwa akal seringkali tidak jujur. Sering bersifat dengki, suka memaksa, melanggar aturan, jahat, suka disanjung-sanjung, sombong, yang ahirnya membuat manusia justru tidak berharga samasekali. Lebih hina dari makhluk lainnya.
__
MURID : Jadi kita harus menggunakan akal sesuai dengan jiwa atau kehendak Allah?
__
SYEKH JENAR : Ya, benar. Jika seseorang mampu mengendalikan akalnya dengan ajaran Allah, dengan kebenaran, dan dengan jiwa yang bersih, maka ia bermanfaat. Menjadikan diri lebih mulia.
__
MURID : Apa yang menghalangi seseorang sehingga gagal dalam dalam menempuh Manunggaling Kawula Gusti?
__
SYEKH JENAR : Jangan mementingkan kehidupan duniawi. Sebab kehidupan duniawi yang kalian jalani penuh kotoran. Akal kalian mudah tercemar dengan kotoran sifat dan mudah dikuasai oleh nafsu, sehingga menghalangi kalian untuk bisa menuju pada tahap Manunggaling Kawula Gusti.
__
MURID : Di dunia ini ada yang cantik, tampan dan gagah. Bagaimana kedudukan orang-orang tersebut jika kelak telah terlepas rohnya?
__
SYEKH JENAR : Kalian jangan mencintai dan mengagumi bentuk yang cantik, tampan atau gagah. Sebab sebenarnya badan wadag (jasad) laksana sangkar yang mengurung jiwa. Badan wadag merupakan beban yang memberatkan dan menyakitkan roh kalian.
__
MURID : Wahai Syekh, benarkah sesudah kematian ada Surga – Neraka?
__
SYEKH JENAR : Para wali memang mengajarkan demikian. Inilah ajaran yang justru menurutku menyesatkan karena terlalu dangkal. Para wali hanya mengajarkan “serabut” atau kulitnya, tidak sampai pada isinya; tidak sampai pada hakikat yang sebenarnya. Para wali mengajarkan bahwa Surga dan Neraka hanya dijumpai kelak setelah kiamat. Adanya di akhirat. Dan orang-orang awam menelan mentah-mentah keterangan itu. Siksa kubur hanya dijumpai dan dirasakan badan wadag ketika di tanam di kuburan. Para wali memang bertujuan baik, tetapi diputus sampai di situ. Mereka enggan menjelaskan lebih dalam dan lebih sampai pada makna yang hakiki.
__
MURID : Kalau menurut Syekh bagaimana?
__
SYEKH JENAR : Begini, untuk menemui dan merasakan Surga dan Neraka maka seseorang tidak harus menunggu sampai mati atau sampai datangnya kiamat. Di dunia ini saja kita sudah dapat merasakan Surga dan siksa Neraka. Karena sesungguhnya Surga dan Neraka itu berada di dalam jiwa kalian. Berada di dalam jiwa setiap manusia yang bernafas. Jika jiwa manusia telah bersih dari gangguan hawa nafsu dan dapat menyatu dengan Gusti Allah, maka di dunia ini ia akan merasakan suatu kenikmatan Surga. Jika budi kalian, misalnya menolong orang lemah, lalu hati menjadi ikhlas dan puas, maka itulah yang disebut Surga. Sedangkan Neraka, perwujudannya adalah jika hawa nafsu telah menguasai diri seseorang. Kemudian jiwanya meronta dan merasa bersalah. Maka dia tentu tersiksa. Ia tidak bisa tidur, gelisah pikirannya, sedih dan bermacam-macam rasa tak enak. Itulah yang dinamakan Neraka.
__
MURID : Jadi Surga dan Neraka di akhirat tidak berlaku? Maksud kami tidak ada?
__
SYEKH JENAR : Surga dan Neraka di hari kiamat, di akhirat kelak, sudah diterangkan dalam Qur’an. Itu perkara gaib dan erat kaitannya dengan iman. Kalian harus meyakininya.
__
MURID : Untuk apa meyakini? Bukankah jika di dunia berbudi baik dan beriman kepada Allah sudah merasakan Surga. Sedangkan Surga dan Neraka di akhirat hanyalah bersifat menakut-nakuti manusia agar tidak berbuat buruk?
__
SYEKH JENAR : Pendapatmu memang cerdas dan kritis. Namun kalian tidak usah mempertanyakan, apakah kelak di akhirat ada Surga dan Neraka. Itu urusan Gusti Allah. Kalian harus meyakini. Karena meyakini hari akhir merupakan rukun iman. Sekali lagi, untuk mendapatkan Surga pun kalian tak perlu menunggu datangnya hari akhir. Meskipun seseorang sembahyang seribu kali setiap hari, toh akhirnya mati juga. Walaupun badanmu kau tutupi dengan kain surban dan jubah, namun akhirnya menjadi debu juga. Maka jiwalah yang paling penting. Jika keadaan jiwa seperti Tuhan, maka Surga akan didapatkannya. Kenikmatan luar biasa akan dirasakan.
__
MURID : Wahai Syekh, sesungguhnya yang menjadi pikiranku adalah sebelum ada dunia ini, apakah sudah ada dunia lainnya. Atau setelah kiamat, apakah Tuhan membuat dunia baru lagi seperti sekarang?
__
SYEKH JENAR : Sebelum dunia ada, apakah ada dunia lain, itu hanya Allah yang tahu. Tetapi sekarang kita berada di dunia ini menempati ruang dan waktu. Dunia ini asalnya adalah baru. Kemudian mengalami kerusakan dan kelak akhirnya menjadi hancur. Lenyap tak berharga. Setelah kiamat, apakah Tuhan membuat dunia baru untuk keduakalinya? Tidak!
__
MURID : Wahai Syekh, kalau begitu dunia erat kaitannya dengan raga kita, sedangkan jiwa erat kaitannya dengan alam akhirat?
__
SYEKH JENAR : Benar, dunia itu erat kaitannya dengan raga. Raga mempunyai sifat seperti alam semesta, yang semula baru kemudian rusak. Sedangkan jiwa tidak akan mengenal kerusakan karena jiwa merupakan penjelmaan Ruh Allah. Ketahuilah bahwa raga adalah barang pinjaman yang suatu saat akan diminta oleh Pemiliknya. Ketahuilah wahai murid-muridku. Raga ini sesungguhnya sangkar yang membelenggu dan menyulitkan jiwa. Agar jiwa menjadi bebas, maka suatu saat kelak, kalian akan kuajarai bagaimana cara melepas jiwa dari raga. Ilmu melepas jiwa artinya bahwa kematian adalah titik awal kehidupan yang sebenarnya. Jika seseorang raganya mati, maka jiwanya menjadi merdeka, bebas dan tidak terkungkung lagi. Sebab raga berhubungan erat dengan alam semesta. Sedangkan jiwa berhubungan erat dengan Ruh Tuhan. Selamanya jiwa tak akan bisa mati atau rusak.
__
MURID : Apakah yang dimaksud jalan kehidupan, wahai Syekh?
__
SYEKH JENAR : Jalan kehidupan adalah jalan menuju kepada hidup yang sebenar-benarnya, setelah engkau mengalami kematian. Jika seorang bayi lahir, maka bukanlah awal kehidupan, namun merupakan awal “kehidupan palsu” seperti yang kalian rasakan saat ini. Inilah yang sesungguhnya kematian sejati.
__
MURID : Jika demikian badan ini tidak bisa merasakan kehidupan yang sebenar-benarnya?
__
SYEKH JENAR : Ya, tidak bisa. Kehidupan sejati tidak dapat dirasakan oleh raga, karena jika raga mati akan tetapi dapat dirasakan oleh jiwa. Membusuk menjadi tanah.
__
MURID : Bagaimana jika sekarang ini seseorang berbuat dosa. Apakah jiwanya ikut bertanggungjawab. Sedangkan yang melakukan dosanya adalah raga?
__
SYEKH JENAR : Tetap ikut bertanggungjawab, karena jiwa yang menyatu ke dalam raga tidak bisa mencegah hawa nafsunya serta akal yang suka berbuat buruk.
__
MURID : Maaf saya belum paham Syekh.
__
SYEKH JENAR : Ketahuilah, setiap orang yang lahir di dunia ini maka jiwanya menyatu dengan akal. Selain akal dalam diri manusia juga ada hawa nafsu. Ketika seseorang berbuat buruk, berarti raganya didorong dan dipengaruhi oleh hawa nafsu dan akalnya. Akal dan nafsu memang suka berbuat buruk. Apabila jiwa mencegah (melalui hati nurani), maka raga tidak akan berbuat buruk. Akan tetapi jika jiwa membiarkannya, maka raga tetap melakukannya. Karena itu bagaimanapun juga jiwalah yang akan mempertanggungjawabkan perbuatan baik dan buruk raganya.
__
MURID : Tadi Syekh mengatakan jiwa adalah penjelmaan Ruh Tuhan. Mengapa kadang-kadang jiwa mau mencegah dan kadang membiarkannya?
__
SYEKH JENAR : Perlu kalian semua ingat, bahwa di dalam raga ini terdapat nafsu-nafsu. Jika nafsu kuat menguasai, maka jiwa menjadi terbelenggu. Karena itulah mengapa aku katakan bahwa kehidupan sekarang ini adalah kematian. Sedangkan setelah ajal merupakan awal kehidupan. Sesudah kematian maka seseorang akan mencapai kebebasan jiwanya.
--------------------------------------------------------------------------------------------
Ajaran SYEKH SITI JENAR memang agak beda dengan ajaran PARA WALISONGO . SITI JENAR mengajarkan bahwa TUHAN adalah ZAT yang mendasari adanya manusia, hewan, tumbuhan dan segala yang ada. Keberadaan segala di dunia ini tergantung pada adanya ZAT . Tanpa ada ZAT YANG MAHAKUASA , maka mustahil sesuatu yang wujud itu ada.
__
Ajaran ini tidak pernah disampaikan oleh PARA WALISONGO . Mereka menyadari bahwa umatnya masih terlalu awam terhadap ISLAM , sehingga memberi materi yang ringan dan praktis saja.87+

Selasa, 22 Mei 2018

**Semar,Gareng,Petruk,Bagong** .

*ILMU NE SEMAR MESEM*

*Gareng* : "Romo pernah dicaci-maki seseorang?"

*Semar* : "Pernah....!"

*Petruk* : "Pernahkah dimusuhi seseorang, Mo!

*Semar* : "Pernah....!"

*Bagong* : "..apa pernah dibenci seseorang, Mo?"

*Semar* : "Pernah....!"

*Gareng* : "Sampeyan juga pernah dihujat seseorang, Mo..?"

*Semar* : "Pernah....!"

*Petruk* : "Apakah semua itu dilakukan secara terang²an, Mo..?"

*Semar* : "Ada yang dilakukan secara terang²an, ada juga yang hanya dilakukan secara diam² dari belakang.."

*Bagong* : "Lantas apa yang Romo perbuat terhadap orang² itu..?"

*Semar* : "Thole, nggèr anak²ku cah bagus, podo dirungokno yo..! Aku tidak balik mencaci-maki dia, aku pun tidak merasa harus memusuhinya, tidak pula akan membencinya dan aku juga tidak berpikir akan membalas hujatannya.."

*Gareng* (penasaran) : "Kenapa bisa demikian, Mo..?"

Semar (sambil membetulkan duduknya) :  *"Itu karena pikiran serta hatiku tidak terfokus pada siapa yang mencaci-maki, siapa yang memusuhi, siapa yang membenci dan siapa yang menghujat.*

*Pikiran dan hatiku hanya terfokus pada siapa yang menggerakkan lidah mereka sehingga mencaci-maki aku, siapa yang menggerakkan jiwanya sehingga memusuhi aku, siapa yang menggerakkan hatinya sehingga membenci aku dan siapa yang menggerakkan pikirannya sehingga membuat mulutnya menghujat aku..."*

*Petruk* : "Dia itu siapa, Mo..?"

Semar : *"Dialah GUSTI ALLAH yg  Maha Pencipta. DIA-lah  Maha yang berkuasa atas segala sesuatu yang sudah, belum, sedang dan yang akan terjadi.*

*Ya hanya DIA-lah satu²nya yang memberi kemampuan dan kekuatan pada orang² itu sehingga lidahnya bisa mencaci maki, jiwanya bisa memusuhi, pikirannya bisa membenci dan bibirnya bisa menghujat diri ini. Tanpa-NYA tentu mustahil bisa terjadi. Sehingga aku beranggapan, sebenarnya cacian, kebencian, permusuhan​ dan hujatan itu sengaja dihadirkan GUSTI ALLAH SWT agar jiwaku menjadi kuat melewati rintangan dan hatiku menghebat tatkala menghadapi ujian.*

Jadi, adalah *SALAH BESAR jika aku menyalahkan orang² itu apalagi membalasnya. Oh... Bagiku itu tidak perlu, bahkan aku berkeyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada kehidupan ini tidak mungkin terjadi secara tiba², semua sudah diatur sedemikian rupa oleh NYA, maka apapun kenyataan yang aku terima kemarin, hari ini atau suatu hari nanti, tidak ada kata sia², bahkan dibalik semua itu, pasti ada hikmah terbaik yang bisa merubah kehidupanku agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karena aku tahu, sesungguhnya GUSTI  ALLAH itu MAHA BAIK.*

Anak²ku,  kowe kabeh jangan terpengaruh kalau dihina. Jangan Hati Melambung kalau Dipuji.

*Tidak Penting Dianggap Baik, yang Penting terus belajarlah menjadi orang yang Baik dan Bertanggung Jawab atas Ridho e GUSTI ALLAH".*

_Semoga Bermanfaat.....!_

Salam

Sabtu, 12 Mei 2018

THEIS / ATHEIS.

AD-DIINUL ISLAM. (Peradaban Islam)
AD-DIINULLOH.(Peradaban Alloh)
"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Bencana keberTuhanan itu akibat dari ajaran Samawi yg dibawa para Nabi & Rosul berubah fungsi menjadi ajaran agama.

Agama adalah produk pemikiran manusia yg sengaja dirancang utk kepentingan tatanan hidup yg diselaraskan dan dipengaruhi serta dikembangkan sesuai dgn keadaan dan impirik serta wawasan pengajar dan pembuat ajaran agama tsb.

Para pembuat ajaran agama akan menukil kitab2 ajaran samawi bahkan cerita2 yg berhubungan ke dgn ide pengajarannya berdasarkan lingkungan dan latar belakang budaya pengajar.

Maka tidaklah mengherankan bila ajaran agama baik tata cara serta aturannya antara satu ajaran agama ke dgn ajaran agama lainnya sekalipun sumber dari ajaran agama dan symbol ajaran agamanya berasal dari satu ajaran Samawi spt contoh ajaran agama ISLAM
Tetap akan alami perbedaan yg sifatnya dipaksakan dan di doktrinkan sbg suatu kebenaran.

Satu ajaran Samawi spt ajaran Islam saja bisa melahirkan puluhan ajaran agama Islam yg berbeda dan bertolak belakang.

Ada orang yg beragama Islam membolehkan  ini dan itu namun ada pula yg tidak membolehkan bahkan menentang/bertentangan.

Ada orag yg beragama Islam mewajibkan utk bgn dan bgt namun ada juga yg tidak mewajibkan bahkan menentang.
Begitulah ajaran agama.

Demikian pula dgn aturan dan tata cara kehidupan hingga parfum dan cara berpakaian serta pola makan dalam ajaran agama sehingga kita mengenal makanan dan pakaian bahkan parfum yg diwajibkan yg diharamkan yg meragukan dan yg diabaikan semua dikemas sesuai kecemderungan si pembuat ajaran agama tsb sekalipun satu ajaran Samawi dan berasal dari satu Sumber ajaran Samawi spt Islam kita dapat menemukan berbagai variasi ajaran dan tata cara.

Satu Keluarga
Satu Kampung
Satu Kecamatan
Satu Kabupaten
Satu Provinsi Satu Negara
Satu nama dan satu sumber ajaran Samawi saja bisa menghasilkan variasi ajaran dan prilaku atau tata cara keagamaan yg berbeda-beda
Dan bisa juga saling bertolak belakang antara satu ke dgn lainnya
atau boleh jadi mrk tidak akur dan saling bertikai,
Saling membenci,
bermusuh-musuhan
tanpa terkecuali bisa juga menjadi pemicu timbulnya perperangan dan saling membunuh sekalipun symbol keTuhanannya satu.
Dan tiap2 mrk mengusung issue kasih sayang, cinta kasih serta kemanusiaan dan persaudaraan.
SPLIT.!!!.......
Artinya tidak hanya saling boycot
saling intimidasi.
Saling mencurigai,
saling mempersalahkan,
saling mencela dan saling tuding
atau fitnah dan ganggu.
HAL YG PALING KEJI DAN MELAMPAUI NALAR SERTA AKAL.SEHAT MANUSIAPUN TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN BERPOTENSI  TERJADI.
Itulah produk agama
itulah ajaran agama
Itulah Tuhan Hawa Nafsu rancangan kebodohan karya fikiran manusia yg bermental pecundang yg kerdil.

Tuhan hanyalah symbol utk mencari simpatik dan pengaruh rekrutmen agar dominan utk mendominasi kehidupan manusia lainnya
Dan akan disesuaikam dgn order atau kepentingan penggagas dan pengguna ajaran agama tsb.
Bisa utk pemenuhan konsumsi kepentingan politik
Bisa kelompok dan golongan
Bisa utk kepentingan ekonomi
Bisa juga utk kepentingan bangsa dan negara dan bisa juga kepentingan pribadi.
Itulah ajaran agama.

Namun ajaran agama tidak harus dikonotasikan sesuatu hal yg buruk bagi kehidupan umat manusia sbb ajaran agama pada hakekatnya baik utk membangun semangat dan motivasi hidup serta ikatan sosial maupun moral sosial
Jika komposisi dan dosis ajaran agama tsb diimbangi dan diedukasikan utk tujuan membangun kecerdasan dan kemanusiaan agar jadi beradab karena ajaran agama bagian dari pada AD-DIINUL ISLAM/AD-DIINULLOH.

Ketidak beragamaan bukan berarti Atheis (Tak Bertuhan) demikian pula dgn keberagamaan belum tentu orangnya Theis (Bertuhan)

....

Senin, 07 Mei 2018

Hadits - hadits sahih yang tidak pernah disampaikan penceramah.

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْالْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبْرِدُوا بِالظُّهْرِفَإِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّم

َTelah menceritakan kepada kamiAbu Kuraibberkata, telah menceritakan kepada kamiAbu Mu'awiyahdariAl A'masydariAbuShalihdariAbu Sa'idiaberkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:"Tundalah shalat zhuhur sampai hari menjadi dingin (teduh),sesungguhnya panas yang menyengat adalah dari hembusan neraka Jahannam."
Ibnu majah 671

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ أَنْبَأَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي الْعَصْرَ وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ حَيَّةٌ فَيَذْهَبُ الذَّاهِبُ إِلَى الْعَوَالِي وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ
Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Rumh] berkata, telah memberitakan kepada kami [Al Laits bin Sa'd] dari [Ibnu Syihab] dari [Anas bin Malik] bahwasanya ia telah mengabarkan kepadanya, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan shalat ashar sementara matahari masih tinggi bersinar, dan seseorang pergi ke 'Awali sedang matahari masih tinggi."
Ibnu Majah 674.

Jumat, 16 Maret 2018

Nabi-nabi & Rasul - rasul 3

" NABI-NABI & ROSUL-ROSUL 3."
""""""""""""""""""""""""""""""

Kelanjutan dari komplik internal di Kubu Adam diakibatkan banyaknya pria2 tampan dari turunan Adam yg turun gunung,.maka Adampun berinisiatif melanjutkan system kekuasaannya dgn Tsis,.namun mendengar hal itu Iblis pun tak tinggal diam maka Iblispun membuat Tsis tandingan dgn maksud mengacaukan keadaan dan mengecoh masyarakat.
Adam berharap agar Tsis yg mengusai rahasia Lembaga Ketuhanan Tuhan akan mampu mengatasi persoalan namun sayang meski Tsis tandingan buatan Iblis berhasil dibongkar dan diringkus Adam bersama Keturunan Ideologis Tsis yg asli penumpasan Makar yg di Pimpin Kabil masih belum dapat diatasi dgn tuntas lantaran gerakan Makar Kabil sudah tidak lagi berpusat di lembah-lembah dataran rendah melainkan sudah bergeser masuk kedalam hutan rimba belantara peradaban dan Kabil berhasil merekrut para binatang2 liar dan binatang2 buas bahkan para dedemit penghuni rimba menjadi pengikutnya.
Ternyata kemajuan disektor pertanian dan dan syatem sosial kemasyarakatan yg dibangun semasa kepemimpinan Adam maupun Tsis bukan berarti semua masalah akan selesai.
Kemudian Alloh mengutus IDRIS untuk menyokong fihak Adam,.
IDRIS mampu membangun berbagai system PENDIDIKAN dan pada masa kebijakan IDRIS mulailah dibentuk PENDIDIKAN MILITER DAN KEPOLISIAN yg pertama disepanjang sejarah peradaban Manusia.
Idrislah yg mempelopori terbentuknya system PERTAHANAN DAN KEAMANAN SERTA BERBAGAI PENDIDIDKAN.
Berkat berdirinya IDRIS dimasa tsb barulah masyarakatnya mengenal KEDISIPLINAN dan KETERTIBAN hingga akhirnya IDRIS MAMPU MENUMPAS DAN MENANGKAP AKTOR INTELEKTUAL PEMBERONTAKAN (Iblis) YG DI PIMPIN OLEH KABIL,.Namun Kabil berhasil menyelamatkan diri dan mencari suaku jauh dari TERITORIAL Adam. (Dimana Negeri tempat Kabil mengasingkan diri dan mencari SUAKA lokasinya DIRAHASIAKAN ANTIMO MPR) Selama di pengasingan mencarinsuaka Kabil menyusun kekuatan dgn menciftakan berbagai hal utk membangun kekuatan personilnya,.Kabil berhasil menemukan jalan yg tidak logis menurut peradaban Adam dalam hal system PERTAHANAN dan KEAMANAN.
Berkat bantuan Kundalini Kabil berhasil mengembangkan berbagai senjata METHAFISIKA dan KANURAGAN yg dikenal masyarakat saat ini dgn istilah ilmu ghaib atau kekuatan Supranatural.
Namun meski pun demikian hal itu belumlah dapat diandalkannya utk kembali menimbulkan kekacauan dikarenakan pengaruh system IDRIS masih terlalu solid utk terusik oleh berbagai ganguan keamanan.
Artinya sepanjang sejarah peradaban umat manusia KEKUATAN MISTIS tidak pernah mampu mengalahkan kekuatan logika dan terbukti kaum kolonial sulit diusir dinegeri ini meski ada segudang PARANORMAL SAKTI pada masa tsb,.contoh lain INDIA dan SRILANGKA basis pengembangan dunia PERMISTIKAN nyatanya tidak dapat memerdekakan diri dgn murni dari cengkraman penjajahan Inggris.
Arrinya kekuatan PRANA SUPRANATURAL tidaklah berguna tanpa logika karena kesaktian logika jauh lebih nyata mewujudkan berbagai technologi yg menakjubkan.
Sekiranya DUKUN2 atau PARA NORMAL memuliki kekuatan yg dapat menandingi kemajuan tecnologi serta kecerdasan akal maka dapat dipastikan posisi jabatan vital dinegara-negara yg memjadi penggemar PERDUKUNAN semua pada jadi pejabat.

Kamis, 15 Maret 2018

Nabi-nabi & Rasul - rasul 2

" NABI-NABI & R0SUL-ROSUL 2."

Setelah proses pengkaderan berbagai jenis tanah dari bumi yg dikumpulkan Malaykat dan setelah Tuhan membentuk dgn konsefnya wujud Adam maka dihembuskannyalah kehidupan Rohani keTuhanan dalam tubuh Adam lalu menggeliatlah aktivitas kehidupan dgn system tsb.
Namun penciftaan Adam masih terlalu mendasar dan belumlah dapat dianggap suatu bangunan peradaban manusia yg sempurna, maka.utk memgisi kekosongan di fihak Adam Hawa pun di cinftakan dari tulang rusuk sebelah kiri Adam.
Geliat peradaban manusia sudah tak lagi mengalami kekosongan setelah Hawa diciftakan maka ambisi utk memgembang mulyakan tatanan kehidupan peradaban kian bergairah.
Gemerlap kemajuan tumbuh dan kembangnya kehidupan berkat pengaruh Hawa yg membisikan Nafsu manusia maka eksistensi tanah TERITORIAL kekuasaan tampak kian bertambah dominan dan meluas.
Oleh karena itu pula berbagai godaan dan tantangan kehidupan Adam kian bertambah maka tidak lah mengherankan hal tsb memjadi pemicu berbagai komplik internal awal dari di copotnya pengaruh kekuasaan ke Kholifahan Adam.
Anak2 ideologis Adam sudah pada berebut job pasca keberhasilan infiltrasi Iblis yg memyusup ke dalam program ambisius kekuasaan Adam. Adampun melanggar kode etik dan indisipliner yg memjadi pemyebab Adam lengser ke Bumi menjadi warga masyarakat biasa.
Pecahnya kesatuan dan pesatuan di internal Adam memjadi penyokong awal dari insiden pertikaian dan sabotase utk berebut job Iqlima hingga akhirnya Habil dan Kabil saling bunuh hanya utk memperebutkan job tsb.
Habil yg bergerak di bidang pertanian dan segala program diterima Tuhan dgn berbagai loby yg berkwalitas sesuai kapasitasnya selaku petani dan pengembala berhasil menyingkirkan rivalnya Kabil dan dia berhak bersanding dgn putri Adam Iqlima.
Adapun Kabil yg berbasiskan pembangunan dianggap tak layak atas jon tsb sehingga loby2nya ke Tuhan ditolak lantaran dianggap cacat moral dan tidak layak.
Kegagalan Kabil tsb menimbulkan perasaan ketidak puasan maka diapun berkanuver utk membunuh Habil dan merebut Iqlama.
Mengetahui ada hal yg berpotensi memimpulkan perpecahan di Internal Adam, Iblis pun tak tinggal diam utk mencari cela indiltrasi ke dalam internal Adam.
Maka Iblis melalui agen rahasia Setannya menyusup ke dalam komplik tsb maka mulailah berbagai HOAX dan HATESPEECH dijadikan berhembus kencang di dataran tinggi TERITORIAL ADAM dan TURUNAN IDEOLOGISNYA.
Ketidak mampuan Adam mengendalikan berbagai Issue HOAX dan HATEAPEECH mengakibatkan CHAOS dan Habil pun berhasil dibunuh Kabil dan Iqlama direbut oleh Kabil.
Adam mengeluarkan dekrit yg sifatnya melarang Kabil dan para simpatisannya utk hidup di teritorial Adam,.maka pergilah Kabil ke dataran rendah rimba belantara peradaban.
Gerakan Kabil yg didukung agen Iblis dan para wanita cantik dari turunan Adam perlahan namun pasti mampu menggoncang legitimasi Adam,.satu persatu pria Adam berhasil direkrut Kabil dan turun gunung menjadi pendukung Kabil dgn sbb wanita2 di dataran rendah yg bergabung dgn Kabil pada umunya berparas cantik dan putih mulus tidak spt wanita2 yg menjadi Loyalis Adam yg tinggal di dataran tinggi, mrk pada umumnya berkulit hitam dan berparas jelak sedangkan kaum pria dari turunan Adam justru kebanyakan dari mrk yg berparas tampan dan tidak spt pria yg jadi aktivis Kabil yg mayoritanya berkulit hitam legam dan berparas buruk
Kabil dgn penasehat spiritualnya KUNDALINI sang dewi Ular dan dibantu oleh Iblis yg menjadi aktor intelektual berbagai kemerosotan dan gangguan keamanan di teritorial Adam.

Nabi-nabi & Rasul-rasul

" NABI-NABI DAN ROSUL-ROSUL."

1. ADAM.
    Manusia Pertama.

Sebelum Adam bukan berarti tidak ada Makhluk dari jenis manusia melainkan belum adanya nilai hidup kemanusiaan yg semestinya hal itulah yg jadi protes serta keberatan komunitas lain yg dikenal dgn istilah MALAYKAT serta Iblis.
Dalam kehidupan kita mengenal dua hal yakni AKAL dan NAFSU
TERANG dan GELAP
BAIK dan BURUK
BENAR dan SALAH
Dstnya .
IBLIS mewakili sosok ambisi kehidipan
Yg bersymbolkan API
sedangkan MALAYKAT yg bersymbolkan CAHAYA cenderung kepada PENERANGAN dan KETERANGAN dalam kehidupan yg mencerahkan dan pencerahan dgn penuh kedamaian dan ketenangan terbebas dari komplik kepentingan maka dari itu MALAYKAT di kategorikan makhluk tanpa AMBISI (Tanpa NAFSU) MALAYKAT lebih tepatnya di kategorikan KEKUATAN AKAL BUDI PEKERTI
Sedangkan JIN merupakan sejenis dgn IBLIS akan tetapi lebih cenderung netral JIN  tergantung hal apa yg dominan berpengaruh baginya oleh karena itu JIN bersifat spt Angin dan JIN lebih tepatnya di kategorikan sbg bentuk KEGENIUSAN atau KECERDASAN yakni AKAL FIKIR.
Sedangkan JIWA MANUSIA,
lebih cenderung memiliki sifat spt AIR sehingga kehidupan manusia cemderung disymbolkan spt AIR.
Adapun eksistensi kehidupan sbg sarana aktivitas kehidupannya di symbolkan sbg TANAH.
ADAM adalah PERADABAN MANUSIA YG PERTAMA bukan MAKHLUK manusia yg PERTAMA.
ADAM mengubah tatanan kehidupan umat manusia dan memperkenalkan pola dan cara hidup yg semestinya utk manusia maka ADAM merupakan BAPAK MANUSIA YG PERTAMA.
Dalam kehidupan tak bisa dilepaskan dari kepemimpinan sbb dunia binatang punengenal system hidup.dan kepemimpinan maka dalam dunia hewan yg lebih kuat dan dominan dianggap lebih berhak dan memiliki kemampuan menaklukan dan memguasai koloninya dgn segala bentuk dominasi system BINATANG LEBIH CENDERUNG KE DGN SYSTEM KAPITALISME NAMUN BUKAN BERARTI KAPITALISME ITU BENTUK KEBINATANGAN.
Makhluk manusiapun membutuhkan power utk eksistensinya kapital merupakan bukti nyata dari adanya wujud jasad maka pola hidup KAPITALIS LEBIH CENDERUNG KE URUSAN MATRIALISTIS YG DIKONOTASIKAN SBG EKSISRENSI KEBERADAAN.
Makhluk manusia bukan semata makhluk fisik MATERI TANAH namun keberadaan manusia tidak dapat dipingkiri amat tergantumg pada MATERI TANAH artinya menipu diri dan kebohongan hidup bila manusia mengingkari anugerah materi bagi lehidupan dan lebutuhan hidupnya di dunia.
Utk hal tertentu,.utk urusan tertentu dgn ukuran atau komposisi kehidupan yg sesuai KAPITALIS tidak dapat dianggap kesalahan MUTLAK.atau sumber petaka bagi manusia yg jadi pemyebab manusia lebih cenderung ikuti naluri lebintangan kebendaannya karena jasad manusia pun merupakan suatu benda artinya KAPITALIS dalam.dosis tertentu di butuhkan karena kehidupan manusia bukan kehidupan ARWAH GENTAYANGAN YG NOMADEN.
itulah pengertian dari TANAH AIR atau dalam bahasa sederhananya NKRI.
ADAM merupakan PERADABAN MANUSIA YG PERTAMA KALI DI PERKENALKAN SEBLUMNYA ADALAH BAR BAR DAN PRIMITIF yg tak mengenal.PERADABAN sehingga wajar bila pada BIADAB yg jadi penyebab komunitas yg cinta damai protes akan WACANA penobatan ADAM sbg KHOLIFAH FIL ARD..

Perbedaan PROTES KOMUNITAS IBLIS DAN KOMUNITAS MALAYKAT HANYA SEBATAS VISI DAN MISI EGO MASING2.
MALAYKAT yg disymbolkan sbg makhluk cahaya tanpa Nafsu dan selera atau ambisi tidak menyukai kekacauan karena cenderung kepada kedamaian dan perdamaian maka MALAYKAT LEBIH DEKAT DGN HATI NURANI atau AKAL BUDI PEKERTI.
Protes MALAYKAT atas dasar kelemahan kemampuan AKAL BUDI PEKERTI (hati nurani)
Bukan atas dasar ambisi dan kepentingan pribadi.
Sedangkan Protes IBLIS serta keengganan IBLIS jelas bersifat kebodohan AROGANSI PRIBADI dan AMBISI serta  SIFAT GENGSI YG KONYOL
Dalam kehidupan umat manusia ada banyak hal yg menjadi kecenderungan serta pertimbangan yg memjadi pilihan hidup dan hal itu serupa ke dgn symbol2 sosok makhluk yg digambarkan seperti
MALAYKAT,
JIN,
IBLIS
ADAM dan HAWA
Demikian pula ke dengan sorga dan neraka.
Jelas sudah bahwasanya MALAYKAT DAN IBLIS SERTA JIN MERUPAKAN WUJUD KEBERADAAN YG BELUM SEMPURNA DAN MANUSIALAH MAKHLUK.YG SEMPURNA KARENA BERBAGAI KOMPONEN KARAKTER ADA PADA MANUSIA.
AKAN TETAPI MANUSIA YG BAGAIMANAKAH YG SEBENAR-BENARNYA MANUSIA.
Apakah yg hidupnya gunakan

1. Ambisi
2. Akal Budi
3. Akal Fikir
4. Materi jasmani

AMBISI TANPA AKAL BUDI = BRUTAL
AKAL BUDI TANPA AMBISI = ANGAN-ANGAN
AMBISI TANPA AKAL FIKIR = SPEKULASI
AKAL FIKIR TANPA AMBISI = IMAJINASI
AKAL FIKIR TANPA AKAL BUDI = KEJAM
AKAL BUDI TANPA AKAL FIKIR = KONYOL
AMBISI UTK MATERI = GOBLOK
AKAL BUDI UTK  MATERI = DUNGU
AKAL FIKIR UTK MATERI = BEBAL

NIAT DAN TEKAD = KESERIUSAN
PERHITUNGAN DAN PERTIMBANGAN = KEBENARAN
ANALISA DAN UJI COBA UTK MPERBAIKI KWALITAS ADALAH JIHAD.
MATERI MERUPAKAN MODAL HIDUP SBG FAKTA KEBENARAN YG SEMESTINYA MERUPAKAN AMAL IBADAH.

Minggu, 15 Oktober 2017

** 100 perintah Alloh **

*100 PERINTAH ALLAH SWT DALAM AL QUR'AN UNTUK KEHIDUPAN MANUSIA SEHARI-HARI*

1. Jangan berkata kasar (QS 3 – Ali Imran : 159)

2. Tahanlah amarah (QS 3 – Ali Imran : 134)

3. Berbaiklah kepada orang lain (QS 4 – An Nisaa’ : 36)

4. Jangan sombong dan arogan (QS 7 – Al A’raaf : 13)

5. Maafkanlah kesalahan orang lain (QS 7 – Al A’raaf : 199)

6. Berbicaralah dengan nada halus (QS 20 – Thaahaa : 44)

7. Rendahkanlah suaramu (QS 31 - Luqman : 19)

8. Jangan mengejek orang lain (QS 49 – Al Hujuraat : 11)

9. Berbaktilah pada orang tua (QS 17 – Al Israa’ : 23)

10. Jangan mengeluarkan kata yang tidak menghormati orang tua (QS 17 – Al Israa’ : 23)

11. Jangan memasuki kamar pribadi orang tua tanpa ijin (QS 24 – An Nuur : 58)

12. Catatlah hutang-hutangmu (QS 2 – Al Baqarah : 282)

13. Jangan mengikuti orang secara membabi buta (QS 2 – Al Baqarah : 170)

14. Berikanlah perpanjangan waktu bila orang yang berhutang kepadamu dalam kesulitan (QS 2 – Al Baqarah : 280)

15. Jangan makan riba’/membungakan uang (QS 2 – Al Baqarah : l

16. Jangan melakukan penyuapan (QS 2 – Al Baqarah : 188)

17. Jangan ingkar atau melanggar janji (QS 2 – Al Baqarah : 177)

18. Jagalah kepercayaan orang lain kepadamu (QS 2 – Al Baqarah : 283)

19. Jangan campur adukan kebenaran dengan kebohongan (QS 2 – Al Baqarah : 42)

20. Berlakulah adil terhadap semua orang (QS 4 – An Nisaa’ : 58)

21. Tegakkanlah keadilan dengan tegas (QS 4 – An Nisaa’ : 135)

22. Harta yang meninggal harus dibagikan kepada anggota keluarga (QS 4 – An Nisaa’ : 7)

23. Wanita memiliki hak waris (QS 4 – An Nisaa’ : 7)

24. Jangan memakan harta para anak yatim (QS 4 – An Nisaa’ : 10)

25. Lindungi anak yatim (QS 2 – Al Baqarah : 220)

26. Jangan memboroskan harta dengan semena-mena (QS 4 – An Nisaa’ : 29)

27. Damaikanlah orang yang berselisih (QS 49 – Al Hujuraat : 9)

28. Hindari prasangka buruk (QS 49 – Al Hujuraat : 12)

29. Jangan memata-matai atau memfitnah orang (QS 2 – Al Baqarah : 283)

30. Jangan memata-matai atau memfitnah orang (QS 49 – Al Hujuraat : 12)

31. Gunakan harta untuk kegiatan sosial (QS 57 – Al Hadid : 7)

32. Biasakan memberi makan orang miskin (QS 107 – Al Maa’uun : 3)

33. Bantulah orang fakir yang berada di jalan Allah (QS 2 – Al Baqarah : 273)

34. Jangan menghabiskan uang untuk bermegah-megah (QS 17 – Al Israa’ : 29)

35. Jangan menyebut-nyebut tentang sedekahmu (QS 2 – Al Baqarah : 264)

36. Hormatilah tamu anda (QS 51 – Adz Dzaariyaat : 26)

37. Perintahkan kebajikan setelah kita melakukannya sendiri (QS 2 – Al Baqarah : 44)

38. Jangan berbuat kerusakan di muka bumi (QS 2 – Al Baqarah : 60)

39. Jangan menghalangi orang datang ke masjid (QS 2 – Al Baqarah : 114)

40. Perangilah mereka yang memerangi mu (QS 2 – Al Baqarah : 190)

41. Jagalah etika perang (QS 2 – Al Baqarah : 191)

42. Jangan lari dari peperangan (QS 8 – Al Anfaal : 15)

43. Tidak ada paksaan untuk memasuki agama (Islam) (QS 2 – Al Baqarah : 256)

44. Berimanlah kepada para Nabi (QS 2 – Al Baqarah : 285)

45. Jangan melakukan hubungan badan saat haid (QS 2 – Al Baqarah : 222)

46. Susuilah anak-anakmu selama dua tahun penuh (QS 2 – Al Baqarah : 233)

47. Jauhilah hubungan badan diluar nikah (QS 17 – Al Israa’ : 32)

48. Choose rulers by their merit Pilihlah pemimpin berdasarkan ilmu dan jasanya (QS 2 – Al Baqarah : 247)

49. Jangan membebani orang di luar kesanggupannya (QS 2 – Al Baqarah : 286)

50. Jangan mau dipecah belah (QS 3 – Ali Imran : 103)

51. Renungkanlah keajaiban dan penciptaan alam semesta ini (QS 3 – Ali Imran 3 :191)

52. Lelaki maupun wanita mendapat imbalan yang sama sesuai perbuatannya (QS 3 – Ali Imran : 195)

53. Jangan menikahi mereka yang sedarah denganmu (QS 4 – An Nisaa’ : 23)

54. Keluarga harus di-imami oleh seorang laki-laki (QS 4 – An Nisaa’ : 34)

55. Jangan pelit (QS 4 – An Nisaa’ : 37)

56. Jangan iri hati (QS 4 – An Nisaa’ : 54)

57. Jangan saling membunuh (QS 4 – An Nisaa’ : 92)

58. Jangan membela ketidak jujuran atau kebohongan (QS 4 – An Nisaa’ : 105)

59. Jangan bekerja-sama dalam dosa dan kekerasan (QS 5 – Al Maa-idah : 2)

60. Bekerja samalah dalam kebenaran (QS 5 – Al Maa-idah : 2)

61. Mayoritas bukanlah merupakan kriteria kebenaran (QS 6 – Al An’aam : 116)

62. Berlaku adil (QS 5 – Al Maa-idah:8)

63. Berikan hukuman untuk setiap kejahatan (QS 5 – Al Maa-idah : 38)

64. Berjuanglah melawan perbuatan dosa dan melanggar hukum (QS 5 – Al Maa-idah : 63)

65. Dilarang memakan binatang mati, darah dan daging babi (QS 5 – Al Maa-idah : 3)

66. Hindari minum racun dan alkohol (QS 5 – Al Maa-idah : 90)

67. Jangan berjudi (QS 5 – Al Maa-idah : 90)

68. Jangan menghina keyakinan atau agama orang lain (QS 6 – Al An’aam : 108)

69. Jangan mengurangi timbangan untuk menipu (QS 6 – Al An’aam : 152)

70. Makan dan minumlah secukupnya (QS 7 – Al A’raaf : 31)

71. Kenakanlah pakaian yang bagus saat shalat (QS 7 – Al A’raaf : 31)

72. Lindungi dan bantulah mereka yang meminta perlindungan (QS 9 – At Taubah:6)

73. Jagalah kemurnian (QS 9 – At Taubah : 108)

74. Jangan pernah putus asa akan pertolongan Allah (QS 12 – Yusuf : 87)

75. Allah mengampuni orang yang berbuat dosa karena ketidak-tahuan (QS 16 – An Nahl : 119)

76. Berseru kepada jalan Allah dengan cara yang baik dan bijaksana (QS 16 – An Nahl : 125)

77. Tidak ada seorangpun yang menanggung dosa orang lain (QS 17 – Al Israa’ : 15)

78. Jangan membunuh anak-anakmu karena takut akan kemiskinan (QS 17 – Al Israa’ : 31)

79. Jangan mengikuti sesuatu yang kamu tidak memiliki pengtahuan tentangnya (QS 17 – Al Israa’ : 36)

80. Jauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang tidak bermanfaat (QS 23 – Al Mu’minuun : 3)

81. Jangan memasuki rumah orang lain tanpa ijin pemilik rumah (QS 24 – An Nuur : 27)

82. Allah menjamin imbalan kebaikan hanya kepada mereka yang percaya kepada Allah (QS 24 – An Nuur : 55)

83. Berjalanlah di muka bumi dengan rendah hati (QS 25 – Al Furqaan : 63)

84. Jangan melupakan kenikmatan dunia yang telah Allah berikan (QS 28 – Al Qashash : 77)

85. Jangan menyembah Tuhan selain Allah (QS 28 – Al Qashash:88)

86. Jangan terlibat dalam homosexualitas (QS 29 – Al ‘Ankabuut : 29)

87. Berbuat baik dan cegahlah perbuatan munkar (QS 31 - Luqman : 17)

88. Janganlah berjalan di muka bumi dengan sombong (QS 31 - Luqman : 18)

89. Wanita dilarang memamerkan diri (QS 33 – Al Ahzab : 33)

90. Allah mengampuni semua dosa-dosa kita (QS 39 – Az Zumar : 53)

91. Jangan berputus asa akan ampunan Allah (QS 39 – Az Zumar : 53)

92. Balaslah kejahatan dengan kebaikan (QS 41 – Fushshilat : 34)

93. Selesaikan pesoalan dengan bermusyawarah (QS 42 – Asy Syuura : 38)

94. Orang yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang bertaqwa (QS 49 – Al Hujuraat : 13)

95. Tidak ada dikenal biara dalam agama (Islam) (QS 57 – Al Hadid : 27)

96. Allah akan meninggikan derajat mereka yang berilmu (QS 58 – Al Mujaadilah : 11)

97. Perlakukan non-Muslim dengan baik dan adil (QS 60 - Al Mumtahanah : 8)

98. Hindari diri dari kekikiran (QS 64 – At Taghaabun : 16)

99. Mohon ampunan kepada Allah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS 73 – Al Muzzammil : 20)

100. Jangan menghardik orang yang meminta-minta (QS 93 – Adh Dhuhaa : 10)

Shadaqallahul adzim, Maha Benar ALLAH SWT dengan segala FirmanNya... ALLAHUAKBAR

Sabtu, 26 Agustus 2017

** Sejarah Sunat **

Sejarah SunatDari mana asal-usul tradisi sunat atau khitan itu berasal? Untuk apa manusia mempraktikan sunat itu? Meskipun di Indonesia, sunat diidentikkan dengan tradisi Islam, praktik pemotongan kulit yang menutupi kepala si titit yang aduhai ini sebetulnya sudah dipraktikkan oleh umat manusia jauh sebelum lahirnya Islam di abad ke-7 M.Para pengamat sejarah sunat seperti Grafton Elliot Smith dan Peter Charles Remondino (dalam "History of Circumcision") memperkirakan praktik ini sudah ada sejak 15-an ribu tahun lalu. Menurut mereka, masyarakat Mesir dan Semit Kuno bukanlah satu-satunya umat manusia yang mempraktikkan sunat ini. Selain mereka, masyarakat Aborigine dan Polynesia di Oceania atau Suku Aztec dan Maya di Amerika Latin juga sudah sangat klasik mempraktikkan tradisi sunat.Dalam sejarahnya, "ritual" sunat memiliki tujuan yang beraneka ragam. Ada yang untuk alasan kesehatan, sebagai penanda kedewasaan, untuk menandai kesetiaan atau loyalitas terhadap suku / kelompok tertentu, sebagai hukuman terhadap musuh-musuh yang ditaklukkan, sebagai tanda perbudakan, tanda kelas sosial tertentu, tanda perjanjian terhadap Tuhan, dlsb.Untuk konteks Mediterranean, praktik sunat pada mulanya diperkenalkan oleh masyarakat Mesir Kuno, yang kelak kemudian diadopsi oleh Bangsa Semit, laluYahudi Israelite, terus Arab Muslim, dan kemudian komunitas Bantu Afrika. Di Mesir Kuno dulu, praktik sunat pernah menjadi "tradisi elit" dan hanya kaum bangsawan dan pendeta saja yang mempraktikannya, seperti ditulis dalam buku "Book of the Dead". Pernah juga dilakukan sebagai simbol kedewasaan biologis dan kematangan spiritual-intelektual, semacam "rite of passage".Dalam sejarah peradaban manusia, sunat bukan semata-mata ritual pemotongan kulit yang menutupi penis tetapi juga sebuah "tindakan politik". Ketika Alexanderthe Great menaklukkan Timur Tengah pada abad ke-4 SM yang kemudian diikuti dengan pemberlakukan peradaban Roma-Yunani, sejumlah penguasa kala itu (seperti Antiochus Epiphanes dan Hadrian)mengharamkan praktik sunat.Pengharaman ini membuat para pelaku sunat kala itu (seperti umat Yahudi, umat Kristen Yahudi (suku Yahudi beragama Kristen), para pendeta Mesir dan Arab Nabatean) hidup menderita. Pengharaman ini pulalah yang menjadi pemicu pemberontakan Bar Kokhba, sebuah perlawanan politik umat Yahudi di kawasan Judea yang dimpimpin oleh Simon bar Kokhba terhadap Imperium Roma.Umat Yahudi pantas marah karena sunat adalah bagian integral dari "sistem teologi" dan ritual keagamaan mereka, bukan semata-mata praktik kebudayaan. Dalam Surat Kejadian memang dengan tegas diperintahkan sunat kepada Ibrahim (Abraham) dan keturunannya sebagai simbol kebaktian kepada Tuhan, sekaligus penanda loyalitas terhadap Bangsa Israelite.
Bangsa Semit Yahudi inilah yang kelak di abad ke-4 SM mulai memperkenalkan praktik sunat di Jazirah Arab ketika mereka migrasi ke kawasan ini akibat pergolakan politik yang tidak menguntungkan. Dulu, sampai awal-awal zaman keislaman, banyak umat Yahudi yang tinggal di Jazirah Arab, terutama Madinah dan Najran. Masyarakat Arab Muslim dengan begitu jelas mengadopsi praktik sunat ini dari Bangsa Yahudi.Sayang, umat Islam itu maunya menang sendiri, mengklaim yang paling otetik, dan kurang bisa menghargai atau mengapresiasi sejarah, tradisi, ajaran, kebudayaan, dan peradaban masyarakat dan komunitas agama lain.
by S AlQurtuby.

Minggu, 23 Juli 2017

**AGAMA-AGAMA DI DUNIA**

Secara keseluruhan diperkirakan terdapat sekitar 4.200 agama dan aliran-alirannya yang berkembang di seluruh dunia. Sebuahjajak pendapat global tahun 2012 melaporkan terdapat 59% dari populasi penduduk dunia yang memeluk agama tertentu dan 36% tidak memeluk agama tertentu, termasuk 13% yang ateis atau tidak percaya kepada salah satu agama yang ada. Sebagian orang juga mengikuti beberapa prinsip agama pada saat yang bersamaan (menganut paham sinkretisme agama).Saat ini juga berkembang cukup banyak aliran radikal di masyarakat kita. Hal ini terjadi karena kurangnya wawasan dan pengetahuan sehingga mereka merasa sebagai pihak yang paling benar dan menafikan keberadaan kelompok kepercayaan yang lain. Tapi apabila kita memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berbagai paham / kepercayaan yang pernah ada dan berkembang di dunia maka kitapun akan bisa lebih menghargai berbagai keyakinan yang beragam itu sebagai bagian dari kekayaan dan warisan peradaban kita,Adapun mengenai berbagai jenis agama dan alirannya yang berkembang di dunia saat ini (maupun yang sudah punah) antara lain adalah :Agama-Agama Ibrahim (Abrahamic Religion) : Agama-agama Ibrahim adalah agama yang menganut paham monoteisme yang berasal dari Timur Tengah yang merupakan ajaran turunan dari Ibrahim / Abraham yang terdiri dari Yahudi, Nasrani dan Islam.

Agama Kristen / Katolik :- Agama Kristen Barat : Anabaptis, Anglikan, Baptis, Calvinisme, Gereja Jemaat, Lutheran, Methodis, Moravia, Nonconformism, Pentakosta, Pietisme, Presbyterian, Quaker / Shakers, Waldensia.- Agama Kristen Timur : Gereja Kuno Timur, Gereja Asiria Timur, Katolik Timur, Gereja Ortodoks Timur (Termasuk Ortodoks Yunani, Ortodoks Serbia, Ortodoks Rusia, Ortodoks Rumania, Ortodoks Bulgaria dan beberapa gereja otosefalus lain dan Patriarkat), Ortodoks Rusia Lama, Ortodoks Timur (Termasuk Ortodoks Armenia, Ortodoks Koptik, Ortodoks Ethiopia, Ortodoks Syria serta sebagian dari orang-orang Kristen Santo Thomas.)- Kelompok-kelompok lain yang berkaitan dengan kekristenan atau berasal dari agama Kristen, tetapi mereka dianggap heterodoks atau sesat oleh kaum Kristen mainstream. Tetapi sebagian sudah punah atau tidak ada lagi (Arianisme, Kristadelfian, Christian Gnostisisme, Christian Identity, Christian Science, Christian Universalisme, Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir, Iglesia ni Cristo, Ebionit, Saksi-Saksi Yehuwa, Jesuism, Gerakan Latter Day Saint, Milleris, Mesianik Yudaisme, Marcionisme, Rastafarianism,Gereja Advent Hari Ketujuh, Spiritual Baptis, Swedenborgianism, Gereja Aquarian, Gereja Unifikasi, Unitarianisme, Gereja Universal Kerajaan Allah )- Gnostisisme : Kelompok Gnostik terkait dengan agama Kristen di masa-masa awaltapi semuanya sudah punah karena dianggap sebagai sesat atau menyimpang: Cerdonians, Colarbasians, Simonian, Bogomilisme, Catharisme.- Agama Yazidi yang adalah agama Kurdi sinkretis yang tercampur dengan pengaruh Gnostik- Gnostisisme Persia : Mandean, Manikeisme, Bagnolians.- Gnostisisme Mesir – Suriah : Sethianism (Basilideans, Valentinianism)- Kelompok Neo-Gnostik : Ecclesia Gnostica

Agama Islam- Ilmu Kalam : Asy'ari, Maturidi, Murji'ah, Mu'tazilah, Khawarij (Ibadi, Azraqi, Haruriyyah, Sufri )- Syiah : Isma'iliyah (Mustaali / Dawudi Bohra, Nizari), Ja'fari (Syiah Dua Belas Imam (Akhbari, Shaykhism, Ushul), Alawi, Alevism / Ordo Bektashi), Zaidiyah- Sufisme : Thariqah Bektashi, Thariqah Chishtiyah, Thariqah Mawlawiyah, Mujaddidiyah, Naqshbandi (Jahriyyah, Khufiyyah), Ni'matullāhī, Qadiriyyah, Sufi Internasional, Suhrawardiyyah,Tarekat Tijaniyah, Tasawuf Universal- Sunni : Hanafi (Barelvi, Deobandi, Gedimu,Yihewani, Xidaotang), Hanbali, Maliki, Syafi'i, Gerakan Ahl al-Hadits atau Salafi.- Black Moslem : American Society of Muslim, Five Percent Nation, Ortodoks Moor of America, Moor Science Temple of America, Nation of Islam, United Nation of Islam- Ahmadiyah : Komunitas Muslim Ahmadiyah, Gerakan Ahmadiyah Lahore- Kelompok Islam lainnya : Yarsanism, Al-Fatihah Foundation, Union Muslim Kanada, Islam Eropa, Ittifaq al-Muslimin, Jamaat al Muslimin, Jadid, Gerakan Islam Liberal, Kongres Muslim Kanada, Riaz Ahmed Gohar Shahi, Mesias Foundation International, Muslim Progresif Inggris, Progressive Muslim Union, Gerakan Wahabi, MahdaviaAgama Yahudi- Rabinik Yudaisme : Yudaisme Ortodoks (Haredi Yudaisme, Yahudi Hasid, Yahudi Modern Ortodoks), Yudaisme Konservatif (Masorti, Conservadox Yudaisme), Yudaisme Reformasi, Yudaisme Progresif (Liberal Yudaisme)- Yahudi Karait- Samaritanisme- Falasha atau Beta Israel- Yudaisme Modern Non-Rabinik : Yudaisme Alternatif, Yudaisme Humanis, Gerakan Pembaruan Yahudi, Yudaisme Rekonstruksionisme- Kuil Yahudi Kedua : Essene, Farisi (nenek moyang Rabinik Yudaisme), Saduki (nenek moyang Yahudi Karait), Zelot (Yudea)- Sekte Yahudi yang percaya bahwa Yesus adalah seorang nabi : Ebionit, Elkesaitisme,Nazarenes- Sabbateans (Frankism)- Yahudi Hitam (Black Hebrew Israelites)- Gerakan Rastafarian- Mandaeans dan Sabian : Mandean, Sabian (Mandaean Nasaraean Sabean, Sabian Harran)- ShabakismDruze / Druids (adalah agama yang berkembang di Suriah dan Lebanon)

Agama-agama India : Agama-agama Indiaadalah agama yang berasal dari anak benua India; yaitu Hindu, Jainisme, Buddhisme dan Sikh, dan agama-agama serta tradisi yang berhubungan atau berasal dari India.AyyavazhiGerakan Bhakti : Kabir Panth, Agama Ravidassia, Sant MatAgama Budha :- Aliran Nikaya : Theravada (Sri Lanka Amarapura Nikaya, Sri Lanka Siam Nikaya,Sri Lanka Ramanna Nikaya, Bangladesh Sangharaj Nikaya, Bangladesh Mahasthabir Nikaya, Burma Thudhamma Nikaya, Burma Shwegyin Nikaya, Burma Dwara Nikaya, Thai Maha Nikaya, Thai Dhammayuttika Nikaya), Gerakan Vipassana- Aliran Mahayana : Buddhisme Humanis, Madhyamaka (Prasangika, Svatantrika, East Asian Madhyamaka, Jonang)- Buddha Nichiren : Nichiren Shu, Nichiren Shoshu, Soka Gakkai- Aliran Buddha Tanah Suci : Jodo-shu, Jodo Shinshu- Aliran Sifat Buddha : Daśabhūmikā, Avatamsaka (Hwaeom, Kegon)- Tiantai : Tendai, Cheontae- Yogacara : East Asian Yogacara- Zen / Chan Buddhisme : Caodong, Zen (Soto : Keizan, Jakuen, Giin), Linji (Rinzai,Ōbaku, Fuke-shu, Won Buddhisme), Kwan Um School of Zen, Sanbo Kyodan- Vajrayana : Shingon Buddhisme, Buddhisme Tibet (Bon, Gelug, Kagyu, Dagpo, Kagyu, Nyingma, Sakya)- Gerakan New Buddhisme : Shambhala Buddhisme, Diamond Way Buddhisme, Komunitas Triratna Buddha,Tradisi New Kadampa, Share Internasional,True Buddha School, Gerakan Shree Rajneesh- Varian Buddhisme Global : Buddhisme di Amerika SerikatHinduismeSekte-sekte dalam agama Hindu : Swaminarayan, Shrauta, Lingayatism, Shaivism, Shaktism, Tantrisme (Ananda Marga), Smartism, Vaishnavism (Gaudiya Waisnawa atauInternational Society for Krishna Consciousness),Gerakan Reformasi Hindu (Arya Samaj, Brahmo Samaj, Ramakrishna Mission, Satya Dharma, Satsang of Thakur Anukulchandra, Matua Mahasangha), Hindu Bali di Indonesia, Nyaya, Purva Mimamsa, Samkhya, Waisesika, Vedanta / Uttara Mimamsa (Advaita Vedanta, Yoga Integral, Wisistadwaita, Dwaita Vedanta), Yoga (Ashtanga Yoga, Bhakti Yoga, Raja Yoga, Karma Yoga, Jnana Yoga, Kundalini Yoga, Hatha Yoga, Siddha Yoga, Surat Shabd Yoga, Yoga Tantra, Sahaja Yoga)

Jainisme- Digambara : Bispanthi, Digambar Terapanth, Kanji Panth, Panth Kanji Swami- Śvētāmbara : Murtipujaka (Deravasi), Sthānakavāsī, Svetambar TerapanthSikhisme : Khalsa (Nihang), Namdhari (Kuka Sikh), Agama Ravidassia, SahajdhariAgama – Agama Iran : Agama-agama Iran adalah agama yang berasal dari wilayah Iran : yaitu Majusi /Zoroastrianisme, Agama Gnostik, Gerakan Babisme, Baha’i dan YazdanismZoroastrianisme/ Majusi : Zerwanisme, Mazdakism, Khurramites (terjadi sinkretisme dengan Islam Syiah), BehafaridiansAgama Gnostik Iran : Mandean, Manikeisme, MithraismeGerakan Babisme : Babism, Baha'i, AzaliYazdânism : Alevi (sebagian kaum Alevi menganggap dirinya sebagai Syiah atau Muslim Sufi), Yarsani, YazidiAgama-Agama Asia Timur : Agama-agama Asia Timur adalah agama yang berasal dari daerah Asia Timur yaitu Agama Tradisional China, Konghucu, Taoisme, Shinto, Agama Korea dan Agama Vietnam .Konfusianisme ; Neo-Konfusianisme, New KonfusianismeShinto : Koshintō, Shugendō, Yoshida Shinto, Agama Yang Terinspirasi Dari Shinto (Konkokyo, Oomoto, Seicho-no-Ie, Shinmeiaishinkai, Tenrikyo, Zenrinkyo)Taoisme : Jalan Lima Pek Beras (Tianshi Dao), Taipingjing, Aliran Shangqing, Lingbao, Quanzhen (Dragon Gate Taoisme),Wuliupai, Yao Taoisme (Meishanism), Faism (Redhead Taoisme), Xuanxue (Neo-Taoisme), Taoisme Kontemporer (Ikuanisme, Dudeism, Zenarchy), Falun Gong, I Kuan Tao, Mohism, XiantiandaoAgama Korea : Gerakan Cheondoisme, Daejongism, Daesun Jinrihoe, Gasin, JeungSan Do, Juche, SuwunismAgama Vietnam : Cao Dai, Đạo Buu Son Kỳ Hương, Đạo Dua, Đạo Mau, Hoa Hảo

Agama Diaspora Afrika : Agama diaspora Afrika adalah sejumlah agama yang dikembangkan di Amerika di antara lingkungan budak yang berasal dari Afrika dan keturunannya di berbagai negara di Kepulauan Karibia, Amerika Latin, serta bagian dari Amerika Serikat bagian selatan. Agama ini berasal dari agama-agama tradisional Afrika, terutama dari Afrika Barat dan Tengah. Adapun sektenya antara lain : Batuque, Candomblé, Dahomey, Mitologi Haiti, Kumina, Macumba, Mami Wata, Obeah, Oyotunji, Palo, Quimbanda, Santeria (Lukumí), Umbanda, Vodou / VoodooAgama Pribumi Afrika : Afrika Barat : Akan, Ashanti (Ghana), Dahomey (Fon), Efik (Nigeria, Kamerun), Igbo (Nigeria, Kamerun), Isoko (Nigeria), Yoruba (Nigeria, Benin). Afrika Tengah : Bushongo (Kongo), Bambuti / Pyangmy (Kongo), Lugbara (Kongo) Afrika Timur : Akamba (East Kenya), Dinka (Sudan), Lotuko (Sudan), Masai (Kenya, Tanzania). Afrika Selatan : Khoisa, Lozi (Zambia), Tumbuka (Malawi), Zulu (Afrika Selatan)Agama Pribumi Amerika : Adalah agama pribumi suku-suku Indian yang ada di benua Amerika yang antara lain : Abenaki, Anishinaabe, Aztec, Cherokee, Chickasaw, Choctaw, Creek, Crow, Guarani, Haida, Ho-Chunk (Winnebago), Hopi, Inca, Indian Shaker, Inuit, Iroquois, Keetoowah Nighthawk, Kuksu, Kwakiutl, Lakota, Leni Lenape, Longhouse, Mapuche, Maya, Midewiwin, Miwok, Navajo, Nootka, Ohlone, Olmec, Pomo, Pawnee, Salish, Selk'nam, Seneca, Tsimshian, Urarina, Ute, Wyandot, Zuni.Agama Asli Indo Asia : Benzhuism (agama asli orang Bai), Bimoism (agama asli orangYi), Bon (agama asli Tibet), mitologi Cina, mitologi Jepang, Korea Shamanisme, Koshintō, Manchu Shamanisme, Mun (Lepcha), Shamanisme Siberia, Tengrisme, Ua Dab (agama asli orang-orang Hmong), agama rakyat VietnamAgama Asli Eropa : Asatru, Estonia, Eskimo,Finlandia, Marla, Odinism, Romuva, agama rakyat Hungaria, Agama Sami (termasuk Noaidi), Wotanism

Agama Asli Oseania / Pasifik : Mitologi Aborigin Australia, agama Austronesia (agama asli Bali, Agama Jawa, Agama Adat Rakyat Nusantara, Melanesia, Mikronesia (Modekngei, agama asli Nauruan), agama asli Filipina (Anito, Gaba, Kulam,) Polinesia (Hawaii, Māori, Māori, Rapa Nui, Moai,Tangata Manu)Agama Kuno Timur Dekat : Agama Mesir Kuno, agama Semit Kuno (Kanaan), agamaMesopotamia kuno, agama asli Arab (pra-Islam), Babilonia dan agama Asyur, Chaldea, SumeriaAgama Kuno Indo-Eropa : Agama Proto-Indo-Iran, Armenia, Baltik, Celtic, Brythonic,Gaelic, Germanic (Anglo-Saxon, Continental Germanic, Norse), Politeisme Yunani, Het, Persia, Politeisme Romawi, SlaviaAgama Kuno Helenistik : Agama Misteri (Eleusinian, Mithraisme, Orfisme), Pythagoreanism,Agama Gallo-RomanAgama Kuno Uralic : Estonia, Finlandia, HungariaAgama Mistisisme, Okultisme dan Esoterisme : Mistisisme Hindu (Tantra, Vaastu Shastra), Yahudi (Kabbalah), Buddha (Vajrayana), Moor Science Temple of America, Neoplatonisme, Pythagoreanism (Neopythagoreanism), Islam (Tasawuf), New Age (Theosofi)Agama Misteri Barat: Hermetisisme, Builder of Adytum, Fraternitas Saturni, Fraternity of the Inner Light, Hermetic Orderof Golden Dawn (Open Source Order GoldenDawn), Ordo Aurum Solis, Rosicrucian (Ancient Mystical Ordo Rosae Crucis, Rosicrucian Fellowship), Servant of the Light.
by.Moza