" SHOLAT."
Sholatlah kamu sebagaimana aku Sholat.Hadits tentang sholat
Hadits tsb dijadikan doktrin prihal RITUAL SHOLAT yg dikonotasikan sbg bentuk
1). PENYEMBAHAN KEPADA ALLOH YG MEMERLUKAN PENYEMBAHAN DARI MAKHLUK MANUSIA.
2). BALAS BUDI/PEMBERIAN IMBALAN KEPADA ALLOH ATAS SEGALA KARUNIANYA.
3). BUKTI DARI KEISLAMAN SBG UPAYA PENEGAKKAN AGAMA ISLAM YG DIARTIKAN BER AQIMUDDIN.
4). DIARTIKAN SBG BENTUK BERSYUKUR DAN PUJA PUJI TERHADAP TUHAN UTK MENENANGKAN PERASAAN TUHAN SEKALIGUS MEREDAM KEMARAHAN TUHAN LANTARAN MERASA TIDAK DIPUJI DAN DIPERTUHANKAN SBGMN MESTINYA.
5). MEDIA ATAU TATA CARA UTAMA YG AMAT TERAMAT VITAL YG DAPAT DIANDALKAN.UTK MENJADIKAN MANUSIA-MANUSIABERAKHLAQ MULYA, BERBUDI PEKERTI LUHUR DAN BERADABSEHINGGA TERCEGAH DARI PRILAKU TERKUTUK YG KEJI DAN MUNGKAR SPT HASUT ANGKUH IRI DENGKI UJUB RIYAA TAKABUR FITNAH ZALIMbMUNAFIQ TIPU DAYA MENCURI.BENARKAH TATA CARA RITUAL SHOLAT TSB MERUPAKAN PERINTAH DAN PELAKSANAAN SHOLAT YG DITERAPKAN.NABI MUHAMMAD ROSULULLOH SAW.
Dapat dupastikan hal tsb ada banyak dimuat dari hadits dan fiqih yg mengatas namakan bahwasanya PERKATAAN NABI/HADITS NABI MESKI KENYATAANNYA MAYORITAS PERKATAAN YG MENGATASNAMAKAN PERKATAAN NABI TSB HANYALAH INFORMASI/PERKATAAN DARI ORANG-ORANG YG MENGKLAIM PERNAH MELIHAT NABI MELAKUKAN BEGINI DAN BEGITU PRIHAL RITUAL SHOLAT.MAKA PADA UMUMNYA MUATAN HADITS SENANTIASA BERBUNYI SBB..." Dari....bin.....dari.....bin....dari.....bin....Dari....bin ....dan seterusnya.
PERNAH MELIHAT atau PERNAH MENDENGAR
Rosululloh berrsabda Rosululloh begini dan begitu............Rowahu......................HADITS TSB DINYATAKAN SHOHEH BAGI PENGGUNA SBG REFERENSI DGN ALASAN BAHWASANYA RIWAYAT INFORMASI ORANG YG MENGAKU BEGINI DAN BEGITU BUKAN ATAU DIAKUI TIDAK PEMBOHONG MENURUT RIWAYAT SEJARAH TENTANG SI PEMBERI INFORMASI TSB.
DSTNYA Adapun hadits yg dianggap DHOIF DLL dgn kwalitas KEDHOIFAN MAUPUN.KESHOHEHANNYA MENURUT PENGGUNA DAN PENOLAK PUN AKAN MEMUAT SEJARAH HIDUP SIPEMBAWA INFORMASI YG DIANGGAP PERNAH MELIHAT DAN MENDENGAR ATAU MENERIMA INFORMASI ESTAFET DARI MULUT KEMULUT ORANG-ORANG YG MASUK CATATAN SEJARAH SBG ORANG JUJUR ATAU PEMBOHONG.
Saya beri contoh prihal ke 15 HADITS yg kononnya SHOHE lantaran kredibilitas pemberi informasi HADITS dianggap bersih sehingga kebenaran PENGAKUAN ORANG YG DIANGGAP SAKSI SEJARAH YG PERNAH MELIHAT ATAU MENDENGAR LANGSUNG YG DISAMPAIKAN SECARA ESTAFET DARI MULUT KE MULUT, DARI WAKTU KE WAKTU BAHWASANYA HAL TSB MERUPAKAN HAI YG LANGSUNG DILIHAT DAN DIDENGAR DARI NABI NYATA-NYATA TELAH MENGALAMI PERBEDAAN ATAU KEBERTOLAK BELAKANGAN ANTAEA SATU KE DENFAN LAINNYA.ADAPUN CONTOH KE 15 HADITS YG KUMAKSUD ADALAH HADITS YG MENGINFORMASIKAN PRIHAL SHOLAT WUSTHO.
Sholat wushtho adalah Sholat yg dimuat dalam alquran sbb.
Allah SWT berfirman:
حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى ۙ وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ"
Peliharalah SEMUA SHOLAT(utk mengerti kata SEMUA tak perlu menjadi pakar bahasa sbb anak kecilpun tahu maksud dari kata SEMUA yaitu KESELURUHANNYA.
Artinya bila RITUAL SHOLAT 5 WAKTU yg difahami pada umumnya umat yg dianggap sbg tolok ukur KEISLAMAN MAUPUN KEBENARAN KEIMANAN maka dapat diaetikan SEMUA SHOLAT YG DIMAKSUD TSB ADALAH SUDAH MENCAKUP TENTANG SHOLAT YG 5 WAKTU.)
Lanjutan ayatnya berbunyi
DAN SHOLAT WUSTHO.?!!.......(Kata DAN SHOLAT WUSTHO seharusnya utk dimengerti tidak juga harus menjadi orang yg pakar dalam hal tata bahasa utk menafsirkan atau menempatkan pengertian yg dimaksud.
ARTINYA SHOLAT WUSTHO YG DUMAKSUD ADALAH SHOLAT DILUAR SEMUA SHOLAT YG DIKETAHUI PADA UMUMNYA DENGAN KATA LAINBAHWASANYSGOLATWUSTHO TIDAK TERMASUKKEDALAM.SHOLAT YG DIJADIKAN RITUAL SPT
ZHUHHUR
ASHR
MAGGRIB
ISYA'
SHUBBUH.
Dan jelas sudah bahwasanya jika ritual Sholat yg kita kenal merupakan sesuatu hal yg sebenarnya diajarkan Nabi Muhammad merupakan SHOLAT YGSUNGUHNYA lantas bagaimana lagi dengan SHOLAT WUSHTHO sbb jika
ISTILAH RITUALSHOLAT TAHAJUD SHOLAT SHURUQ
SHOLAT TARAWIH
SHOLAT WITIR
SHOLAT ISTIKHOROH
DAN SEGUDANG ISTILAH
SHOLAT LAINNYA ITU MEMILIKI WAKTU DAN TATACARA PELAKSANAANNYA YG BERBEDA LANTAS APAKAH SHOLAT WUSTHO ITU DAN MENGAPA TIDAK ADA UMAT YG DIAJARKAN PRIHAL SHOLAT WUSTHO DGN TATA CARA RITUAL SHOLAT WUSTHOBAIAN BENAR SBGMN UMUMNYA FIQIH."
Lanjutan ayat tsb berbunyi sbb
Dan laksanakanlah (sholat) karena Allah dengan KHUSYUKفَاِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالًا اَوْ رُكْبَانًا ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ فَاذْکُرُوا اللّٰهَ کَمَا عَلَّمَکُمْ مَّا لَمْ تَكُوْنُوْا تَعْلَمُوْنَ"
Jika kamu takut (ada bahaya), sholatlah sambil berjalan kaki atau berkendaraan. Kemudian apabila telah aman, maka ingatlah Allah (sholatlah), sebagaimana Dia telah mengajarkan kepadamu apa yang tidak kamu ketahui."(QS. Al-Baqarah ayat 238-239)MOHON PENCERAHANNYA DGN DALILAQI WA NAQLI GAK PAKEK MEMAKSAKAN TAFSIR PRIBADI, KELOMPOK DAN GOLONGAN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar